Minggu, 26 Januari 2014

Menanggapi Kang Follback Twitter

Sosial media sudah nggak asing lagi bagi kita. Kerap kali kita mendengar kata tersebut atau bahkan mempunyai akunnya. Contohnya, Facebook dan Twitter. Perkembangan ilmu teknologi sudah semakin canggih. Banyak manusia yang ngegunainnya dengan cara yang baik dan nggak jarang pula banyak tindak pelaku kejahatan di dalamnya.

Semua yang tersedia harus kita lakukan dengan baik. Nggak perlu kok kalian punya seluruh akun sosial media. Cukup tau saja, itu sudah mengikuti perkembangan zaman. So, nggak usah panik. Pegangan aja.

Sekarang udah banyak banget sosial media dengan berbagai macam. Tujuannya ya kalo nggak untuk berinteraksi dengan orang lain, paling ujung-ujungnya curhat. Contohnya, nge-update status, ngetwit, dll.

Banyak yang terjadi di dunia maya. Nggak jarang kita suka nemuin orang yang tiap hari kerjaannya nulis yang galau-galau terus. Gue juga heran, kapan bahagianya coba? Kalo ini biasanya selebtwit.

“Selebtwit? Apaan tuh, Fan?”

Oke, selebtwit itu orang yang suka ngetwit galau-galau supaya banyak orang yang nge-retweet dan favoritin tweetnya dia. Satu lagi, followersnya banyak. Nggak salah sih punya followers banyak, tapi biasanya mereka mempunyai banyak followers itu dengan cara membeli. Duh.. mending duitnya buat makan aja deh, kenyang.

Twitter sekarang lagi banyak-banyaknya digandrungi oleh para masyarakat. Terutama, kaum orang-orang yang belum beruntung di dalam dunia perjodohan. Seperti gue.

Saking maraknya Twitter, membuat banyak orang beralih dari Facebook ke sosial media ini. Gue khawatir aja ketika ada anak facebook yang bikin akun Twitter, terus username nya @AqhoeCynKqMuh. Kasian kan orang yang baca. Sakit matanya.

Yak, Twitter punya beberapa fenomena yang sampe sekarang masih sering gue temuin. Kali ini, gue bakal jabarin yang paling hot.

MINTA FOLLBACK

Gue sering dapet mention dari followers yang isinya “follback dong” “follback ya”, etc. Gue masih beruntung. Daripada dapet mention begini “follback, ya. Kalo enggak, nanti gue bacok“. Serem.

Biar lebih gampang, kita pake "folbek" aja, ya?

Kalo masalah mau folbek atau enggak, itu pilihan kita sendiri kan, ya? Seperti yang udah gue bilang di atas, Twitter nggak nyuruh “Follow your friend, brother, sister, etc”.

Hak yang punya akun dong mau follow atau enggak. Jangan terlalu maksain buat dapet folbek dari orang yang udah kalian follow. Apalagi selebtwit, artis. Lagipula punya followers banyak nggak terlalu penting, kok. Asal mereka ikhlas kalo twit kita ada di timeline nya.

Nggak di folbek, nggak bakal ngurangin anggota badan kalian, kok. Bisa jadi, alasan doi nggak mau folbek kalian, mungkin karena twit-twit yang kurang bermanfaat, kurang memberi informasi, dll.

Nah, adapun hal yang harus kalian lakukan ketika dapet mention minta folbek.

1. Cuekin

Sebagian orang ngerasa kalo mentionnya nggak dibales, menganggap kalo kita sombong. Sebenarnya, bukan sombong. Tapi memilih, mana yang pantes dibales untuk dilihat orang banyak, mana yang enggak. Terkadang orang yang udah mention kita nyuruh folbek, tapi nyuekin, bakal ngeunfollow. Itu nggak masalah. Santai, nggak rugi kok kehilangan satu followers yang cuma ada maunya doang ngefollow kita.

2. Tanya ada di mana tombol follback nya (?)

Gue sampe sekarang masih suka heran sama mereka yang selalu minta folbek sama orang lain. Kenapa? setelah gue jelajah sampe ke dalem-dalem, nggak ada yang namanya tombol “follback”. Lihat gambar di bawah:


Ada nggak?

***

Well, semua tergantung pilihan kita dan orang lain. Kalo memang kita ngerasa twit seseorang pantes ada di timeline, silahkan follow. Begitupun sebaliknya. Namun, misalnya kita nge-follow orang lain dan nggak di folbek, ya nggak usah terlalu drama. Santai. Seiring berjalannya waktu kalo twit kita makin bagus, pasti bakal di folbek kok. Hehe :)

10 komentar:

  1. Followers sedikit bukan berarti kita gak keren, kok. Misalnya gue.

    oiya, folbek eaaah.. HAHAHAH

    BalasHapus
  2. Nomer 2 boleh dicoba tuh, gue sih folbek yang memang temen atau twitnya gak spam aja..

    BalasHapus
  3. Kalau saya sih ada yang minta follback, ya tanggepin aja, apalagi kalau itu orang yang memang kita kenal hehe :D

    BalasHapus
  4. Biasanya kalau abis di follback pasti langsung bilang "Intro?", "Siapa dimana?" hahaha

    BalasHapus
  5. Gue mah cuman mau lo itu nge-Follow blog gue http://febriypondlif.blogspot.com/ Terus siap ntuuuuuu baru deh gue follback.. *SambilSarung

    BalasHapus
  6. kalau gue masih sering menanggapi sih, tapi nggak pernah minta follback xD

    BalasHapus
  7. ini simple tapi nyelekit. ha ha ha . . . mampir juga ke http://bit.ly/1mxmL9d

    BalasHapus
  8. Gue juga gedek sama orang yang sering minta polbek. Btw, polbek eeaa.

    BalasHapus
  9. Twitter itu kan sama aja blog. Semakin menarik tulisan, semakin banyak viewer dan follower. Kunjungan pertama gua kemari ni :D #SalamBlogger

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)