Kamis, 07 Mei 2015

Motret Pake Ponsel? Siapa Takut!

motret pake ponsel

Beberapa minggu terakhir ini gue disibukkan dengan sekolah, tugas, dan ngurusin pacar orang. Eh yang ketiga bercanda. Selain itu gue juga diminta untuk ngedisen kaos kelas, alhamdulillah sekarang udah selesai. Tinggal nunggu jadinya aja, ya meskipun harus bolak-balik terus untuk setor karna duitnya belum cukup buat melunasi.

Oke, udah gitu aja. Sampe ketemu di postingan selanjutnya!

Eh.. bentar, jangan pergi dulu.

Kalo lo pernah liat instagram gue, pasti isinya bukan foto selfie gue di kamar mandi. Bukan foto mantan juga. Tapi foto hasil jepretan gue. Yup, gue telah berpaling dari membuat video lucu, menjadi seseorang yang sedang menggeluti dunia fotografi. Lebih tepatnya fotografi ponsel.


"Kenapa lebih milih fotografi ponsel?"

Nggak ribet. Tinggal ngeluarin ponsel dari saku, jepret, upload. Yang lebih asik lagi adalah banyak aplikasi edit foto yang nggak kalah keren, yang fiturnya udah kayak Photoshop. Meskipun terkesan instan, tapi hasilnya nggak murahan.

Selain itu yang gue suka dari motret pake kamera ponsel adalah ada tantangan tersendiri. Mulai dari cara megang, mengeker, lalu menekan shutter. Kadang tangan gemetar ketika mau njepret, padahal momen itu jarang ditemui, eh hasilnya malah blur atau kabur. Nyesek deh. Makanya harus bener-bener stabil.

"Kalo motret pake teknik apa?"

Untuk masalah teknik, jujur, gue nggak pernah pake teknik apa-apa. Sesuai selera aja. Yang gue rasa menarik, ya gue foto.

"Pake aplikasi apa untuk editing?"

Gue orangnya penasaran sih terhadap apapun, jadi  sering gonta-ganti aplikasi buat ngedit. Meskipun begitu, gue nggak suka gonta-ganti pacar kok.

Berhubung gue pengguna android, gue bakal share beberapa aplikasi yang bisa lo jadiin referensi.

1. No Crop

Setau gue aplikasi ini digunakan untuk mengecilkan ukuran foto supaya pas untuk display picture media sosial, tanpa memotongnya. Yang pasti resolusi bakal berkurang karna dicompress. Nggak cuma itu, di dalamnya ada banyak efek yang kece bingits.

2. VSCO

Belakangan ini vsco lagi booming-boomingnya di kalangan para Instagramers. Fitur editing yang sangat aduhay, juga simple, yang jadi pilihan orang banyak yang belum paham menggunakan pengeditan professional seperti Photoshop.

3. Snapseed

Nah, kalo ini aplikasi yang paling sering gue pake. Fitur yang ditawarkan juga lengkap banget. Memang efeknya cuma ada beberapa, tapi foto bisa jadi indah dalam sekejap. Yang gelap jadi terang, yang terang tambah terang.

"Kalo udah upload tapi nggak ada yang ngelike, piye?"

Ya woles aja. Asal elonya aktif di media sosial, pasti banyak yang akan berkunjung. Atau kalo mau lebih gampang bisa ikut komunitas. Lagian juga 'kan nggak masalah jumlah likers sedikit, asal niat di bidang tersebut.

So... itu aja yang bisa gue share. Untuk lo yang belum tau akun instagram gue, bisa difollow di @irfanalharits. Dilarang minta folbek kalo udah punya pacar. Semoga nggak bermanfaat! Ciaobela~


Tulisan ini nangkring di nyunyu.com lho gaes^^

39 komentar:

  1. Kalo aku jarang foto-foto, tapi kalo mau nyewa aku jadi model foto juga boleh :p

    BalasHapus
  2. Aku juga suka foto-foto pake hp karena jelas dibawa-bawa dan bisa dilakukan di berbagai kesempatan tak terduga. Terutama foto-foto makanan.

    BalasHapus
  3. Wih keren tuh, tapi sayang kamera hape gue cuma 0,3 MP itu juga bukan android ataupun Iphone. Pengin beli. *kode*

    BalasHapus
  4. Wkwkwkwk.. Yang terakhir, ga ada yang ngelike, ga ada yang komen.. Sakit gaa??? Salam kebal mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kebal juga..

      Hapus
    2. Hahaha... Salam kebal. Kayaknya dari Banten nih

      Hapus
    3. Oh.. emang beda2 ya?

      Hapus
  5. Gue juga suka foto pake hp, meski kamera hp gue nggak bagus" amat sih. Btw gue cari instagramnya, pasti yg fotonya banyak pakai efek hitam putih ya?

    BalasHapus
  6. Yang jelas no C360, dan B612 :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi boleh lah kalo suka selfie. yang penting tjakep :D

      Hapus
  7. Saya juga penyuka fotografi dari ponsel. Soalnya praktis dan simpel. Hasilnya juga gak jelek-jelek amat.

    BalasHapus
  8. Haha kalau mulai dari bawah emang gitu , no coment, no like. tapi kalau dipikirin itunya mah gak bakal maju mending show skill sebaik mungkin dulu kalau udah bagus viewers juga dateng sendiri hehe

    BalasHapus
  9. Nambahin aja deh kamu juga bisa pakai afterlight, tapi harus bayar ya hehe

    BalasHapus
  10. ga pke B612 juga mas ahahah

    BalasHapus
  11. Setuju, kadangan malah foto pake hape lebih kece hahha...
    Oiya, saya suka pake vsco, lebih praktis kadangan kalau males buka leptop...Hampir2 mirip ma sotosop kok ya hihihi...

    BalasHapus
  12. Kalok untuk sekedar have fun en belajar jepret dari berbagai angle, motret pakek hp emang lebih enak.. Jangan dibandingkan dengan kualitas kamera lah ya.. Toh bukan buat komersial jugak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamera apa dulu:p 'kan hp juga ada kameranya wkwk

      Hapus
    2. Kamera SLR, DSLR, mirrorless, prosummer, manual, digital.. :3

      Hapus
  13. Ada juga aplikasi yang super komplit untuk edit hasil foto yaitu 'PicsArt' menurut aku itu aplikasi untuk edit foto yang komplit bgt mulia dari edit ukuran, filter dll

    BalasHapus
  14. Aku juga suka foto-foto pake hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan hp yang ada kameranya ya

      Hapus
  15. ponselnya bening ya tuuk foto..klo ponselku ma burem, maklum uda jadul

    BalasHapus
  16. nice recomended. Tapi hape gua ga bisa dapet efek banyak dari vsco. padahal tuh aplikasi lagi kekinian banget

    BalasHapus
  17. Sekarang juga sudah banyak ponsel yang kualitas kameranya bagus.

    BalasHapus
  18. Harusnya lo join mataponsel

    BalasHapus
  19. Kalo jepret-jepret emang dari dulu gue suka, tapi pas masuk ke VSCOnya, pusing nyari filter yang pas dan emang ngegambarin suasana di foto itu. Belom pro..

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)