Minggu, 14 Juni 2015

Rahasia di Android yang Jarang Diketahui Usernya



Kalo ngomongin tentang perkembangan teknologi yang terjadi nggak akan ada habisnya, tapi yang jelas ke depannya akan lebih canggih dari sekarang. Nggak bisa dipungkiri, kita sebagai penikmat teknologi tersebut juga merasakan banyak kemudahan dalam hal apapun. Contohnya powerbank, charger portable ini emang membantu banget buat yang kemana-mana males bawa colokan. Apalagi bawa socketnya. Karna emang teknologi itu untuk memudahkan, bukan menyulitkan.

Tapi banyak pengguna yang merasa kesulitan menggunakannya. Yap, mereka adalah orang yang mempunyai alat canggih tetapi tidak mau mencari informasi tentang cara penggunaannya. Yang pada akhirnya nyerah, terus dibuang ke tempat sampah. Eh btw, buangnya jangan dibanting. Jadi nanti kalo misalnya gue nemu masih dalam keadaan baik-baik aja.

Kali ini gue nggak akan ngebahas semua teknologi yang ada. Bercanda bercanda. Yakali.

To the point, sebagai pengguna android yang suka ngutak-ngatik–ini-itu, gue bakal share dua penemuan yang luar biasa. Buat yang udah tau, anggap aja kamu belum tau ya. Cekidot!

1. Melihat OS

Biasanya para user kalo mau melihat Operating System ini kan cuma di kardus smartphone, terus setelah tau entah itu Ice Cream Sandwich atau kawan-kawannya, yaudah. Nggak penasaran gimana caranya untuk mengetahui OS secara keren yang bisa menampilkan logonya dan jarang diketahui banyak orang.

Pertama. Buka pengaturan :

rahasia android

Kedua. Pilih "tentang ponsel" atau bahasa sundanya "about phone", ada di paling bawah :

rahasia android

Ketiga. Nah bagian ini yang paling gokil. Karna kamu bisa tau tipe dan model apa yang ada di dalam smartphone kamu. Liat gambar di bawah yang gue blur. Eh bercanda, maksudnya yang "android version". Kamu sentuh berkali-kali deh.

rahasia android

Setelah kamu sentuh tadi, bakal muncul kayak gambar di bawah. Tergantung OS smartphone kamu. Punya gue gini :

rahasia android

Gimana, biasa aja bukan?

2. Menjadi Developer

Trik ini gue temukan dengan nggak sengaja lantaran saat itu sedang nggak punya paket internet. Main game, bosen. Main perasaan, dibilang baper. Main cewek, gue laki-laki baik. Yaudah gue ubek-ubek aja android kesayangan gue. Alhasil, gue mendapatkan pengetahun baru. Langsung aja ya.

Numero Uno. Masih di "about phone", kali ini sentuh berkali-kali bagian "build number" yang letaknya di paling bawah :

rahasia android

Numero duo. Setelah itu bakal muncul kayak gini :

rahasia android

Nah, di sana kamu bisa coba semuanya. Mulai dari show touches, yang fungsinya setiap kita menyentuh layar smartphone bakal ada semacam kursor yang ngikutin. Pointer location, yang mendeteksi terakhir kali kita menyentuh di area mana, dan masih banyak lagi. For your information, yang baru gue coba cuma dua. Selebihnya gue nggak tanggung jawab kalo ada kerusakan apapun.

This is the end of the post. Udah saatnya kita mengerti teknologi, karna setiap manusia berhak untuk itu. Jangan takut untuk mencoba, explore terus sampai akarnya. Itu aja yang bisa gue share, semoga bermanfaat! See you^^

15 komentar:

  1. Yang about phone udah pernah coba :D
    Kalau yang pointer pengen coba aah abis ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba. Kalo minat hubungi kami~

      Hapus
  2. Kalo yang about phone aku juga udah pernah buka. Kalo yang laen2, gak berani, khawatir hp nge-hang. Hehe...

    BalasHapus
  3. Yang bisa munculin kursor itu keren, tapi pas baca disclaimer ga nanggung kerusakan jadi mencelos :D

    BalasHapus
  4. g ngerti soalnya aku pake hp bb :D

    BalasHapus
  5. Yang munculin os keren =D
    mampir balik ya! jevonlevin.com

    BalasHapus
  6. Aku ngga tau sih.. Make doank :(

    BalasHapus
  7. baru tahu ternyata dibalik android ada rahasia :D

    BalasHapus
  8. cuman pake hp doang, engga ngerti apa-apa :)

    BalasHapus
  9. Yah nggak make android. Bikin yang buat iOS dong biar gue juga tahu :'))

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)