Minggu, 27 September 2015

Faktor Yang Membuat Blogger Jarang Update Postingan


HEY!

Udah lama gue nggak bikin postingan di blog ini, udah lama gue nggak merkosa keyboard, udah lama gue sayang sama orang yang belum kunjung peka sampe sekarang. Oke, curcol itu asik.

Bukannya gue berhenti ngeblog, cuma lagi istirahat aja. Selain itu juga beberapa minggu terakhir ini ada kesibukan yang mau nggak mau menyita waktu, juga tenaga gue. Mulai dari tugas sekolah yang lumayan banyak, ditambah gue ikut bagian dari pembuatan film pendek untuk lomba Acffest 2015. So..., nulis pun jadi sangat jarang. Alhasil blog gue mulai dipenuhi oleh sarang laba-laba.

Tidak bisa dipungkiri, sebagai manusia memang wajar memiliki berbagai macam kesibukan. Begitupun dengan para blogger. Di satu sisi mereka harus mengurus blognya, di sisi lain juga mereka punya kegiatan tersendiri. Tetapi bukan berarti bakal ninggalin blog selama bertahun-tahun. Update minimal sebulan sekali lah. Kayak gue bwahaha.

Nah kali ini gue bakal sharing tentang beberapa faktor yang membuat para pelaku kreatif (re: blogger) jarang update postingan di blognya. Let's check it out!

1. Sibuk sekolah/kuliah/kerja

Sudah kewajiban bagi seluruh manusia untuk menuntut ilmu demi masa depan yang membahagiakan. Memiliki harta yang dapat memenuhi kebutuhan selama hidupnya. Kalau untuk faktor ini, gue nggak bisa mengelak. But, ngeblog harus tetap jalan meski cuma update curhatan nggak penting walaupun sebulan sekali. Sepakat?

2. Sibuk pacaran

Ada yang dulu sering banget ngeblog, blogwalking kemana-mana, eh sekarang udah jarang nongol lantaran sibuk pacaran? Adaaa. Atuhlah kan bisa bikin puisi, posting di blog, kirim linknya ke pacar. So sweet, bukan?

3. Nggak ada ide

Sebenernya sih bukan nggak ada ide, cuma kurang peka aja sama lingkungan sekitar. Hal paling mudah saat nggak punya ide adalah dengan menulis bahwa sedang tidak memiliki ide. Kurang paham? Begini contohnya:

Udah sebulan lamanya gue nggak punya ide buat nulis. Padahal banyak artikel yang gue lahap untuk dijadikan referensi, tetap aja jari sama otak gue susah untuk bersatu. Gue bingung mau nulis apa. Pikiran gue kosong.

Gitu.

4. Kuota habis

Ke warnet aja buat publish tulisan yang udah dibikin di rumah. Kalau nggak punya uang buat main, minjem billing temen. Kalau nggak dikasih, minjem PC operatornya!

Btw dari keempat poin di atas, kamu yang mana? Atau kamu punya alasan lain? Coret-coret di comment box ya! :)

28 komentar:

  1. Kalo saya sih nggak bakalan update blog kalo lagi nggak mood. Kalo mood lagi buruk banget, mau ngapa-ngapain jadi malas, apalagi update blog.

    Tambahan lagi, pas lagi sakit juga jadi susah update blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, tapi kalo lagi sakit hati malah nulis lancar jaya wkwk

      Hapus
  2. kadang-kadang sih gue yang suka aneh-aneh . rencananya posting di blog... sambil buka sosmed yang lain*ehh malah keterusan mandangin sosmed yang lain dari pada posting. -_-

    BalasHapus
  3. kalo jarang update masih mending, tapi kalau pensiun ngeblog baru sedih... banyak faktor yang membuat orang jarang update, koneksi ngeleg jadi males ngeblog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. koneksi ngelag, ke warnet aja. masih ngelag juga? numpang wifi yang tempatnya nggak terlalu ramai pengunjung.

      Hapus
  4. Kalo gue, faktor-faktornya menyedihkan...
    1. gue mau nulis, tapi nggak ada ide
    2. gue ada ide, tapi males nulis
    3. gue mau nulis dan ada ide, leptop gue sembunyi
    4. gue mau nulis, ada ide, leptop gue juga udah gue iket, nggak ada kuota
    5. gue mau nulis, ada ide, leptop gue juga udah gue iket, ada kuota banyak... lupa ngepost..
    6. lupa kalo punya blog

    BalasHapus
  5. bener semua mas/mba :)
    faktor yang membuat blogger jarang update, terutama ide :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tampang laki banget gini dipanggil "mba"? hellowww~ bhahahak

      Hapus
  6. Sibuk.
    Iya, sibuk. Sibuk menata hati :') Itu paling berpengaruh dari kemalasan nulis blog.

    BalasHapus
  7. yang paling sering sih gak ada ide sama quota habis, hehe

    BalasHapus
  8. klo gw biasanya karena ga ada waktu. pas ada waktu, idenya ilang. yaelah blogger murtad :"(

    BalasHapus
  9. Kalo aku sih karena males ke warnet. Laptop rusak, Cuy! Bahahah :D

    BalasHapus
  10. kalau bloggernya mas-mas kantoran, biasanya jarang ngeblog karena lagi banyak kerjaan :D

    BalasHapus
  11. Pas awal bikin blog pasti seneng banget ya, akhirnya punya suatu media untuk nuangin pikiran. Tapi makin kesana konsistennya makin diuji hehe, yang sibuk karena kerjaan lah, yang ngga ada ide lah, dll. Kalo gua biasanya karena sibuk kerjaan. Bukannya sok sibuk, tapi emang bawaannya capek mulu pas udah sampe rumah :p. Biasanya ngetik di draft dulu, trus kalo capek, lanjut lagi ngetik draftnya besok hehe. Kalo ngga ya ditumpuk di weekend, langsung ngebut nulis hehe.

    Kalo sekarang gua nargetin ke diri sendiri at least seminggu sekali harus ada postingan, semoga sih ke depannya bisa konsisten, atau malah bisa lebih dari satu per minggu. So... salut deh sama para blogger di luar sana yang bisa konsisten posting artikel lebih dari sekali dalam seminggu (atau bahkan dalam sehari?), dan isi materinya pun oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebenernya jadi blogger nggak gampang. Kudu konsisten. Nah! Gue juga kadang weekend ngebut nulis.

      Sekalipun nggak bermanfaat, yang penting posting ya. Happy blogging!

      Hapus
  12. Kalo sih yg poin ke 3. Nggak ada ide. Wkwk

    Pikiran lagi buntu. Kosong.
    Memang bener, kurang peka dengan keadaan sekitar bsa jadi penyebabnya.

    BalasHapus
  13. Nggak ada ide dan sibuk dengan sekolah jadi alasan paling besar bikin gue jarang banget posting. Tidak dipungkiri juga rasa malas dan mood yang buruk bisa bikin gue jadi jarang nge post. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lawan mood lo, jangan dimanjain. Semangat!

      Hapus
  14. karena saya penjaga warnet, sekarang waktu saya lebih banyak di forum diskusi ketimbang ngeblog. emang sih potensial banget jaga warnet sambil ngeblog, saking asiknya nge forum, buntu ide buat nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal bisa lho bikin tulisan tentang apa yang lo diskusikan di forum hehe

      Hapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)