Selasa, 31 Desember 2013

4 Tempat Yang Bisa Banyak Ngasih Ide Nulis


Holaa!

Nggak kerasa, ya, sekarang udah tahun 2014. Berarti, umur bumi udah semakin tua. Nggak kerasa juga gue masih jomblo sampe sekarang #huft. Di tahun 2014 ini, gue harap, diri gue sendiri bisa lebih baik dari yang sebelumnya. Aamiin!

***

Nulis menurut gue hal yang sangat seru. Lewat nulis, gue bisa nuangin seluruh apapun yang ada di dalam otak gue. Begitupun hati.

Nulis macem-macem caranya. Bisa nulis tangan, ketik, etc. Pokoknya, nulis itu nggak ribet. Asal ada kemauan (konsisten). Nulis juga bisa ngebuat kita ngerasa enjoy, rilex. Kenapa? Karena semua yang kita pendem, bisa kita tuangin lewat tulisan.

Nulis nggak harus di buku, kok. Di social media juga bisa. Kalian sering, kan, nge-update status di facebook, atau ngetweet? Nah itu namanya nulis. Tapi gue lebih suka nulis di blog. Bukannya facebook nggak terbatas ya, fan, karakternya? Iya, gue tau. Cuman, ya lebih enak aja gitu di blog. Hehe^^

Pertama kali nulis, pasti kalian ngerasa gimana gitu sama hasil dari tulisan kalian. Ya nggak pede, takut dibilang jelek. Santai aja. Gue sekarang juga belom terlalu jago dalam dunia tulis-menulis. Masih dalam proses belajar. Gue sama kok seperti kalian, suka iri ketika ngeliat tulisan-tulisan orang lain. Tapi gue nggak mau diem aja. Gue mulai rajin nulis, walaupun nggak setiap hari. Nggak semua yang udah gue tulis, gue post di blog. Kadang cuman gue simpen di note handphone doang.

Btw, kalo bicara nulis, gue biasanya sering nulis di beberapa tempat yang menurut gue nyaman, nggak berisik, adem. Intinya, bisa menghasilkan ide yang banyak.

1. Kamar mandi

Ya, jujur gue suka nulis di kamar mandi. Nggak tau deh kenapa. Tapi bagi gue, itu tempat yang paling banyak ngasih ide. Enggak, gue nggak bawa laptop, tapi pake handphone. Tulis dulu di note, baru deh salin.

2. Kamar tidur

Di tempat ini, selain buat tidur, juga bisa buat nulis. Bagi kita, kan, tempat yang biasa dijadiin sebagai sarana untuk nangis, ketawa, bergurau, etc, bakal bikin nyaman kalo ngelakuin apapun. Nah, nulis di situ juga bisa ngehasilin banyak ide. Apalagi kalo sambil baca-baca buat nambah pengetahuan baru.

3. Jalanan

Sering, dong, kalian suka ada ide yang dateng tiba-tiba pas lagi di jalan? Nah, cepet tulis! Saran gue, bawa kertas ataupun handphone. Biar nggak lupa nantinya. Kalian tau sendiri, kan, ide cepet banget ilangnya?

4. Halaman rumah

Lewat angin sepot-sepoy dan banyak orang lewat, bisa ngehasilin ide yang berlimpah. Selain badan kita nggak bau keringet, juga bikin otak jadi fresh. Kejadian yang terjadi pada saat itu bisa kita jadiin bahan tulisan. Entah itu hal-hal unik atau aneh. Yang paling penting, sih, mau mancing ide.

Tulisan setiap orang nggak selamanya buruk, kok, kualitasnya. Kuncinya menurut gue cuman ada 2 supaya tulisan kita jadi bagus dari sebelumnya: 1. Rajin nulis, 2. Suka baca.

Banyak lho orang yang putus asa gara-gara minder lantaran tulisannya nggak sebagus orang lain. Contohnya dengan cara yang nggak baik; copy paste.

Well, intinya, nulis itu hal yang paling bermanfaat. Kenapa? Karena bisa berbagi ke orang lain. CMIIW.


Irfan Alharits Blog dan seganjil crew yang nggak bertugas mengucapkan "HAPPY NEW YEAR 2014" *niup terompet*

35 komentar:

  1. Kalo menurut gue yang tempat yang paling ngasih ide banget itu ya kamar mandi hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. BENER, kamar mandi adalah tempat paling Inspiratif, hahaha

      Hapus
    2. Haha yongkrut. xD

      Hapus
  2. seringnya pas lagi riding. Gimana tuh? Masa nulis pas riding di jalanan.hehehe

    BalasHapus
  3. kalau gue dikamar ka :D, visit balik ya ka

    BalasHapus
  4. gue biasanya dapet ide pas lagi boker, jadi pas dapet ide langsung buru-buru cebok dan lari ke laptop :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren! Pake celana dulu dong. Hehe^^

      Hapus
  5. cari referensi di blog besar mas biasanya saya


    Kunjungan baliknya selalu saya tunggu :) - Lintas Tutorial

    BalasHapus
  6. di kamar tidur gan kalo ane

    BalasHapus
  7. nice post gan , ada2 aja nih masak dikamar mandi malah banyak inspirasi

    BalasHapus
  8. saya setuju banget, apalagi "jalanan" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga sering dapet ide waktu di jalan.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Kamar mandi atau kamar tidur hayoo? :p

      Hapus
  10. enaknya pas lagi ngopi gan hahahay

    Kunjungan Blogwalking Dari Andrekocak Blog

    BalasHapus
  11. Mantab gan, hahaha.. Banyak juga unek2 si admin ini. Hehehe.. Setuju gan..

    Bila berkenan ditunggu kunjungannya ke wapsite ku » http://brothergame.wapka.me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uneg-uneg? Udah kek uya kuya aja yak. Hehe :D

      Hapus
  12. tempat yang bikin ide aku muncul itu di kamar dan syaratnya harus sunyi, supaya ide itu bisa muncul dan kelayapan nantinya.... hehe

    BalasHapus
  13. Tulisan ini menjadi penyemangat saya untun tetap nulis dan posting di blog.
    Saya asah terus harian. Yakin saja suatu saat pasti ketemu juga gaya tulisan yg khas. Pokoknya tulis-posting, disederhanakan seperti itu saja lah...
    Salam kenal kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe^^ keep posting! Salam kenal :)))

      Hapus
  14. kamar mandi emangnya gudang ide, bener dah hahaha. kadang kalo lg mandi ide2 muncul, pas udah selesai mandi malah lupa sama ide2nya -_-

    BalasHapus
  15. wahh ada cara baru buat nulis nih.. yang nomer satu itu anti-mainstream hahaha...
    thnx gan artikelnya...

    lzmodern.blogspot.com

    BalasHapus
  16. artikel yang bermanfaat gan thnk yah..!

    BalasHapus
  17. share it http://ruthpinkanstefanie.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. Kamar mandi. Betul kamar mandi emang surga ide. Haha. Lagi pup itu enak banget sambil berkhayal. Ehh, gak enak banget komen saya kedengarannya.

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)