Minggu, 17 Mei 2015

Mainan Waktu Kecil Yang Masih Tersimpan


Gue termasuk tipikal orang yang suka main game, tapi nggak suka mainin perasaan... cowok. Ngomongin game, kategori favorite gue adalah yang berbau balap-balapan. Yup, karna gue rasa lebih asik aja. Apalagi kalo graphicnya bagus, jadi keliatan makin real.

Terlepas dari game canggih zaman sekarang, gue dulu terlahir sebagai anak kecil yang keren penikmat permainan anak taun sembilan puluhan. Ngerasa bangga bisa ngerasain itu. Bisa tau gimana caranya mengelabui si penjaga dengan cara tukeran baju saat main petak umpet, bikin pusing lawan saat main galasin, narik-ulur benang saat main layangan, juga menyusun batu yang harus dijaga supaya nggak dihancurin pemain lainnya.

Kalo ditanya apa yang paling seru, gue milih layangan. Mainan legendaris ini yang bikin anuan gue keluar darah gara-gara abis sunat, terus beberapa hari kemudian gue udah lari-larian ngejar mangsa yang putus. Sadis abis.

Bukan cuma permainan di lapangan aja yang gue geluti, gue juga nggak kalah gaul sama temen-temen yang lain. Congklak, lompat tali, sampe bekel, gue jagonya. Mau tanding? Jangan.

Hampir seluruh mainan yang sedang naik daun pada saat itu gue koleksi, tapi sayangnya banyak yang udah hilang. Cuma ada beberapa, nih!

1. Kelereng atau Gundu


Tinggal segitu. Sebenernya dulu ada sekaleng kerupuk, pernah gue jual juga. Lumayan kalo temen beli, terus main sama kita. Nah misalnya kita yang menang jadinya balik modal deh. Bahkan bisa nambah.

2. Lego


Lego yang ini beda sama yang sekarang lagi booming. Biasanya gue paling sering bikin menara gitu atau kalo gabungan sama temen malah bisa bikin pesawat. Asik tapi kadang susah juga karna ada bagian yang nggak pas. Pokoknya seru!

3. Tazos, tajos, tajoz, whatever


Ini mainan gue yang masih tersimpan paling banyak. Sampe udah pada karatan. Kayak hati jomblo. Fyi, gue sering banget menang kalo mainin-mainan ini karna emang gampang sih. Tergantung hoki juga.

Well.. sepertinya itu aja yang bisa gue share. Kalau kamu pernah main apa aja pas kecil dulu? Atau juga ada yang masih menyimpan mainannya? Tulis di kolom komentar ya! :D

35 komentar:

  1. Wah mainan-mainan lama saya udah pada kemana tau. Jaman sekarang mah udah mulai luntur permainan lama, kalah sama gadget. Nggak ada yang melestarikan juga sih soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang patut dimaklumi juga perkembangan zaman serta teknologi yang terjadi. mari lestarikan kembali!

      Hapus
  2. Kalo dulu sih gue seneng main Tamiya. Balapan, tuker-tukeran suku cadang. Paling berkesan pas berhasil ngerakit Tamiya, bangganya kayak habis ngerakit mobil beneran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah! gue juga dulu penggemar tamiya. duit lebaran dipake buat beli suku cadangnya. kayak ban bajaj, dinamo, dll. sekarang udah ilang-_-

      Hapus
  3. Cowok main bekel masih terlihat macho kok, jadi santai aja. Namanya anak-anak, dunianya masi nggak jauh-jauh dari suka main ini-main itu.
    Jadi kamu termasuk salah satu anak Indonesia yang beruntung bisa melewati masa kanak-kanak sebagaimana mestinya. Karena nggak semua anak-anak bisa melewati momen kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak, makanya gue bangga bisa ngerasain itu semua hehe

      Hapus
  4. Kalo mainan sih yg masih tersimpan cuma gambar doang itu juga tinggal dikit, eh sempoaku yg aku pake pas kelas 1 SD masih ada masih bisa di pakek juga...



    Kalo aku dulu pas abis sunat pernah jatoh dari ayunan bbeuh mana baru 1 hari abis sunat lg shock lah akunya sampe mikir

    "waduhh tit*tku rusak ga ya..."
    terus tak liat dikit eh ternyata gapapa
    "ffyuuhh untung tahan banting.." pikirku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin anuan lu terbuat dari baja

      Hapus
  5. Gue dulunya suka main action figure gitu. Tapi kebanyakan dari mereka bernasib naas karena sering gue patahin, dan "ngebedah" mereka dengan cara dibakar lalu disambungin lagi. Satu-satunya action figure yang gue punya tinggal Terminator yang udah ilang kepalanya. Uh, jadi kangen masa-masa itu. Gue malah curhat di sini. Salam kenal, anyway.

    BalasHapus
  6. Kelereng gue 2 ember cat masih ada hahahha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih.. jangan dibuang, bro. jualin aja

      Hapus
  7. kalau kelereng atau gundu itu bukannya sangat identik kalau permainan buat anak cowok kah, kok membaca alinea pertama "Gue termasuk tipikal orang yang suka main game, tapi nggak suka mainin perasaan... cowok"

    hmmm...jadi heran dan bingung,,???

    BalasHapus
  8. Wah kalo koleksi saya udah gtau kmna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. koleksi apa? mantan?

      Hapus
    2. iya mas bner sekali :D
      kan mantan juga termasuk koleksi mainan :v

      Hapus
  9. Haahahaha, itu serius masih lu simpen? Awet. :))

    Hubungan awet juga? Eh maaf, cuma nanya.

    Kalo gambaran pas SD gue ngoleksi, tuh. Sampe dijadiin main kyu-kyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya awet, setiap minggu gue kasih formalin

      Hapus
  10. inget koleksi kelereng setoples ni wkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya emang kaleng, ember, dan toples adalah tempat khusus kelereng.

      Hapus
  11. Sumuanya gue udah punya tuh, cuma kadang jarang dimainin.

    BalasHapus
  12. Punyaku udah ilang semuaaaa... Hahaha.., Lego sama Tazoz. :D

    BalasHapus
  13. Jaman gue dulu tamiya tamagochi sama gimbot udah mainan paling mahal....

    Hahaha...
    Tazos mah banyak. Hadiah chiki :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadiah ciki? belum pernah liat-_-

      Hapus
  14. aku dulu juga suka nyimpen tazos biarpun ukan kolektor hahaha sekarang udh gakada ya :3

    BalasHapus
  15. GILAK DIA MASIH PUNHYA! Gue juga seneng main tiga game ituu. Paling suka layangan apa sepedaan keliling komplek. Muehehe. Lego juga asik main bareng sama temen temen. Dulu sempet jadi rumah tingkat 100 kata temen gue haha. Kasian anak-anak jaman sekarang yak. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi. Deva ternyata tomboy, jarang ada cewek yang main layangan haha

      Hapus
  16. selain itu masih ada juga tamiya gan sama mainan-mainan yang dulu sempet terkenal kayak kartu yu gi oh, sama pensil gede yang dari film india shakalaka bum bum

    dulu punya, tapi sekarang dah pada hilang dan dibuangin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue ngga ngerti main yu-gi-oh, sampe sekarang. haha

      Hapus
  17. Aku hobi main guli.. Tapi temennya ngga ada yang cewek sih. :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah baca komen ini gue langsung googling, dan cari tau apa itu 'guli'. wakakak

      Hapus
  18. Aku uda ngga punya apa-apa.. Aku miskin.. :'

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)