Minggu, 12 Juli 2015

3 Hal Menyenangkan Punya Blog Gado-Gado


Nggak berasa terhitung udah dua tahun gue ngeblog. Ternyata nggak gampang buat konsisten nulis. Butuh niat yang emang bener-bener serius. Gangguan kayak gebetan ngajak nambel jalanan bolong pas lagi asik nulis, itu pernah gue rasakan. Tapi sayang,... gebetan orang. Itupun mimpi.

Dari awal ngeblog gue nggak pernah nentuin apa niche blog yang lagi kalian tongkrongin ini. Gue lebih dominan ke gado-gado. Yup, yaitu blog yang isinya campur-aduk. Nggak melulu ngebahas tentang itu-itu aja. Intinya fresh lah, jadi pembaca nggak bosen.

So, gue bakal share beberapa hal menyenangkan punya blog gado-gado berdasarkan pengalaman gue pribadi.

1. Mengasah skill menulis
Yang gue suka dari punya blog yang isinya apa aja alias ‘gado-gado’ adalah kita bebas menuangkan apa aja yang ada dipikiran kita lewat sebuah tulisan. Curhat, tips, cerpen, ataupun lainnya bisa  dibahas dengan sesuka hati. Dengan begitu, secara nggak langsung sama aja melatih menulis berbagai macam kategori. Sepakat?

2. Isi kolom komentar berhubungan dengan postingan
Gue kalo browsing sering banget nemu blog yang isi kolom komentarnya nggak sesuai sama apa yang lagi dibahas. Rata-rata blog tersebut adalah yang isinya download software, aplikasi android, dan lain-lain. Nah kalo blog ‘gado-gado’ jarang ditemukan kasus seperti itu. 'Kan nggak lucu kalo isi postingannya curhatan tentang gebetan yang tak kunjung peka, terus dikomentarin “nice info gan”.

3. Nggak pusing utak-atik blog agar se-SEO mungkin
Pake template yang bikin nyaman pembaca aja udah cukup buat blog yang isinya sekedar curhatan. Jadi nggak harus menggunakan jasa spesialis seo untuk bikin blog berada di pejwan google. Gampang kan?

Well, ketiga poin itu yang udah gue dapatkan selama terjun di dunia perbloggingan. Kalo kamu punya hal menyenangkan lainnya memiliki blog gado-gado, coret-coret di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat! Ciao~


PS: Tanggal 27 Juni kemarin blog gue ulang tahun yang ke-2. Barengan sama yang punya. Doakan semoga makin cihuy ya! :D

26 komentar:

  1. Aaamiiin... TOS!! Saya juga penggemar gado-gado, selain enak, juga menyehatkan. Eh... Malah lari ke makanan.

    Saya juga nggak pernah pusing mikirin mau nulis apa, yang ada di kepala ya dituang gitu aja. Emang blog gado-gado lebih top lah,...

    BalasHapus
  2. Nah! Yang poin kedua gue juga setuju banget. Komennya lebih agak nyambung. True story sih. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bahkan obat-obatan aja komennya nyambung

      Hapus
  3. Tapi terkadang di blog gue masih banyak komentar nggak nyambung. :(

    Blog gue juga gado-gado. Kadang ada cerpen, kadang ada puisi, kadang ada review. Huwahaha. Tapi 70% tentang curhatan semua. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mereka lelah untuk baca

      Hapus
  4. hehehe saya juga sudah begitu lama nulis mas bro blog gado-gado memang menyenangkan selain bisa mendapatkan artikel kita juga bisa mendapatkan wawasan dan berbagai macam hal yang baru ..salam kenal mas bro perdana nih .

    BalasHapus
  5. Blog emang harusnya jadi bengkelnya penulis.
    *Tempat Berekspresi
    *Tempat Bereksperimen
    *Tempat Melatih skill nulis

    Dan nomor 2 that's true, mana ada komen di blog yang "pertamax gan" kayak gitu.

    BalasHapus
  6. blog gue juga gado-gado. ga ngerti isinya apa semua. Ya setidaknya bikin orang baca dulu dripada yg tentang tips dan kawan2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak, menarik pembaca dulu yang penting.

      Hapus
  7. lebih asik punya blog gado-gado ya engga pusing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bebas mau posting apa aja. asal ngga berbau pornografi dan sara

      Hapus
  8. Permisi numpang komen. Haha.
    Ya itu enaknya. Gx enaknya ditulis juga dong.
    Kalo punya gue www.abonecorp.com ini lebih condong ke kreatifitas meski gado2. Blog gue gx banyak yg komen tapi setiap hari ada pengunjung. Alhamdulillah.
    Soal SEO dulu pernah pake dan GA juga tp gx ada respon dari mbah google gue nyerah. Entah apa sampai berbulan2 gx di aprove. Pdahal gx dibanned juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gue nggak ada yang nggak enak dari blog gado-gado. Semua bisa ditumpahkan di sana.

      Hapus
  9. paling enak sih bisa terus dapet inspirasi nulis
    jadi bisa nulis ini itu tanpa ada halangan

    ahaha
    saya pernah tuh... saya nulis cerpen riddle gitu
    eh ada yang komen nice info

    ketahuan banget nggak baca sama sekali isi postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, itu biasanya yang cuma nyari visitor aja, biar dapet feedback dari lu

      Hapus
  10. Wuih selamat ulang tahun ya blognya.

    In my humble opinion, salah satu hal yang nggak enaknya punya blog gado-gado sih masalah 'organic' visitor dari search engine. Kecuali kalo blog lo emang populer dan gampang di ingat, orang bakal langsung berkunjung ke blog lo. Nggak lewat search engine. Heheh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener. Tapi emang serunya punya blog gado-gado di situ. Kita murni nyari pembaca, ngajak buat berkunjung ke blog kita.

      Hapus
  11. Menurut gue menulis kayak gitu ngga akan bisa mengasah skill dalam menulis. Karna kita akan merasa jika menulis di kategori ini bosan, kita bisa ganti tema lagi ,dst. Efeknya kita akan keasikan ngga konsisten dengan apa yang emang kita tujuankan..

    salam,
    rahulsyarif.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Namanya juga gado-gado pasti enaklah dan banyak yang suka. Gak usah minder kalau blog lu kayak gado-gado soalnya blog seperti ini juga punya kelasnya masih-masing terutama pengunjungnya selalu konstan datang apalagi yang udah disebutin diatas tiap komentar yang datang pasti relevan dengan isi konten jadi gak ada yang ngaco pastinya dan bikin author malah makin semangat ngeblog juga

    BalasHapus
  13. enaknya blog gado-gado itu bisa nulis apa aja :D nggak perlu bingun mikirin tulisan yang sesuai tema~

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)