Minggu, 08 November 2015

Belajar Bikin Vector


Udah hampir dua tahun gue duduk di bangku sekolah berbasis multimedia. Banyak pelajaran yang gue dapat di sana. Mulai dari manipulasi foto, bikin kartu nama, sampe cara crop foto bareng mantan. Selain itu, animasi juga diajarkan. Tapi minat gue di bidang itu kurang. Alhasil, sampe sekarang masih ada hutang tugas.

Terlepas dari itu, kadang temen-temen gue, bahkan guru juga sering heran sama cita-cita gue yang pengin menjadi penulis yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan yang gue pelajari di sekolah. Mungkin nanti gue bisa nulis buku teknologi yang isinya tips & trik edit foto supaya jadi ganteng atau cantik.

Photoshop, CorelDraw, dan Illustrator udah pernah gue pelajari. Meskipun begitu, nggak semuanya gue kuasain. Tapi bisa lah bikin "new layer".

Nah, belakangan ini gue lagi naksir sama vector. Yup, teknik membuat foto jadi kayak kartun gitu. Berbekal skill yang cetek, gue coba buat bikin.

Dan.. Inilah mahakarya gue untuk adik tercinta :

masih belajar, silakan dipuji
Gue bikin gituan doang seharian. Serius. Padahal hasilnya cemen banget. Eh yang penting sih prosesnya ya. Kata temen gue itu namanya bukan vector, tapi kartun. Ah pokoknya gue maunya itu vector. Ngambek ah. Bodo amat.

Ya ampun.. Gue kena virus baper.

This is the end of the post, gue bakal perdalam lagi teknik vector ini. Pengin belajar WPAP juga, biar bisa bikin wajah orang warna-warni. Yihaaa!

------------------------------------ QUIZ ALERT!!! -----------------------------------

Mau foto kamu jadi kartun gitu? Silakan tulis kesan sekaligus kritik ketika pertama kali mampir ke blog ini di kolom komentar. Jangan lupa cantumin username twitter kamu ya! Batasnya sampe ada postingan baru. Nanti yang beruntung bakal gue kontak lebih lanjut. Ciaobela~

26 komentar:

  1. Good Vector!, buat Vector emang susah-susah gampang. Apalagi kalo udah maen gradasi warna, milih tingkatan warna, wkwk.

    BalasHapus
  2. Ketika mampir ke blog ini untuk pertama kali, saya jatuh cinta, soalnya postingannya yang dulu-dulu lumayan panjang dan lucu. Apalagi banyak tipe-tipe apa gitu sama tips. Makin ke sini rada luntur jatuh cintanya, soalnya waktu itu pernah bikin janji 30 postingan di bulan ramadhan kalo gak salah, tapi kagak ditepatin.

    @simambahitam

    Sorry kritikan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga kangen sama tulisan gue yang lepas tanpa mikirin kata-kata atau kalimat yang nggak enak buat dibaca. Alhasil, sekarang tulisan yang gue hasilnya jadinya pendek.

      Betul! Gue pernah janji buat bikin postingan setiap hari selama sebulan full waktu bulan ramadhan, lalu gue langgar. Karna menurut gue, pasti bakal bikin bosen. Soalnya gue sadar, gue anak rumahan. Paling mentok cerita ngelakuin apa pas lagi bosen. Nah itu alasannya hehe

      Thanks kritiknya! :)

      Hapus
  3. Menurut aku itu kartun setengah vector. Hehe biar situ gak baper.
    Tapi keren!
    Buatnya pakai apa? Corel Draw? Tekniknya tracing nggak?
    Kalau belum pernah coba teknik tracing, sedikit saran aja coba deh bikin vector pakai teknik tracing di CorelDraw :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muehehe, tapi tetep baper kak.. :(

      Itu pake Photoshop. Nanti dicoba deh teknik tracingnya. Thanks Kak Manda! :)

      Hapus
  4. Pertama kali kesini ya aku lupa... duh ampun virus lupa aku emang sering kambuh -_-
    Tapi hari ini mampir ke mari ya seru aja lihat hasil karyamu itu.. sebenarnya aku tak pandai berkarya seperti itu.. Tapi kayaknya dari ceritanya emang susah deh.. Aku jadi terinspirasi buat belajar juga... terakhir kali ngedit poto cuma yang di crop, ganti background dan kasih efek dikit gitu gitu doang.. hehehe
    @arum_k1

    BalasHapus
  5. vectornya bagus tuh. gue juga lagi belakar vector nih. ya sering2 trial aja biar cepet bisa :D

    BalasHapus
  6. Cie anak multimedia, hahaha. tos dulu kita :))

    BalasHapus
  7. Kebanyakan emang nyebutnya kartun. Padahal namanya vector.
    Menurut gue itu udah bagus, Fan. :D
    Gue megang mouse pas bikin vector aja gemeteran. Masih cupu pokoknya buat make pen tools. Huwahaha.
    Sering latihan aja biar makin keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Megang mouse aja gemeteran, apalagi megang tangan cewek, Yog. Wakakakak

      Hapus
  8. keren kok, rapih tracenya... mungkin bisa di tambahin warna gelap untuk shading dll.. tapi untuk belajar segitu mah rapih :D.. ditunggu karya karya selanjutnya hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja ngga gue kasih shading untuk bayangan sih, biar keliatan kayak kartun aja. Sekalipun nggak mirip. Siap!

      Hapus
  9. busett.. vektor kalo pake photoshop menurut gue jadi hilang maknanya..haha
    biarpun hasilnya sama.. kalo gue make coreldraw bisa lebih cepet sih, karena emang ada fitur auto-tracenya haha *cheat!* tapi emang kalo tracing yang bener ya manual, hampir sama kayak ngilangin backgroung foto di potosop, bikin frustrasi kalo garisnya ilang...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vexel sih biasanya kalo pake photoshop. Tapi gapapa lah, masih proses belajar hehe

      Hapus
  10. Itu vektor, kok. Ahahha. Biar kamu seneng. :p
    Aku juga pernah coba bikin vektor. Ya aku gitu, sih, orangnya penasaran. Pengin coba hal baru. Dan yak, jadi vektornya. Tapi... hasilnya nggak banget. Padahal udah seharian. Itu punya kamu lebih baiiik. Aku pengin belajar lagi. 😂

    Btw, ini kayaknya kali pertamanya aku mampir ke blog ini. Kesan aku, wow, penulisnya bisa vektor. Banyak juga blogger yang bisa bikin vektor. :D
    Dan... ternyata penulisnya baperan. Cowok baperan. :p
    Postingannya lumayan rapih. Suka sama headernya, simple, elegant. Halah. Hahaha.
    Btw, aku Bukanya lewat hape, jadi nggak bisa lihat keseluruhan, sih. Hihi. Salam kenal, ya. ^^

    @rimatakatta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak! Awalnya juga daku penasaran ngeliat karya temen2. Ayo belajar lagiii.

      Nggak baper kok, Rim. Cuma bawa perasaan aja. Beda, kan, ya? Anyway, thanks! ^^

      Hapus
  11. Huahzeg. Udah main vector aja, nih, Fan. Terus kembangin ya belajarnyaaa. Kalo udah jago kali aja jadi ilustrator buku-buku keren juga :3 Anyway, adiknya cantik ya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru nyobain, Dev. Masih cupu. Yoi, tapi untuk jadi ilustrator kayaknya nggak mungkin. Gue nggak bakat gambar manual wkwk. Thank you ^^

      Hapus
  12. bikin vector memang makan waktu... gue dari dulu pingin buat hasilnya selalu cemen-cemen. parah deh cemennya -__- maklum, nggak terlalu ngerti dan gue rasa gue nggak berbakat -__-

    BalasHapus
  13. Kereeeeen! :D

    Aku tuh salah satu orang yg ngga bisa bikin vector. Rasanya selalu salah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya perempuan selalu benar ya?

      Hapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)