Minggu, 19 Januari 2014

Watching or Reading?

Indonesia sekarang sedang mengalami bencana besar, yaitu banjir. Terutama di kota Jakarta dan Manado. Banyak penyebab dari bencana ini. Bisa dari faktor alam ataupun tangan-tangan kotor manusia yang tidak memikirikan bagaimana nasib orang lain.

Gue nggak habis fikir, masih ada aja orang yang tega membuang sampah ke kali, sungai, dll. Mereka selalu mementingkan diri sendiri. Kalo difikir pake logika, nanti yang bakal kena banjirnya siapa? Kan mereka sendiri dan orang lain juga. Kasian lho orang yang nggak salah, jadi ikut-ikutan kena imbasnya. So, buanglah sampah pada tempatnya.

Gue nggak mau nyalahin seluruhnya manusia. Kenapa? karena belakangan ini Indonesia selalu diguyur oleh hujan. Bahkan, hampir setiap hari. Otomatis itu juga bisa menjadi penyebab banjir.

Alhamdulillah, rumah gue jauh dengan sungai dan semacamnya.

Di sini, gue cuma bisa berdoa supaya wilayah yang terkena banjir, cepat surut, dan warga yang ada di sana, selalu sehat. Aamiin.

Terlepas dari itu, gue juga turut berdoa untuk para warga daerah Gunung Sinabung yang sekarang sedang mengalami bencana, mudah-mudahan keadaan Gunung cepat kembali normal seperti biasanya. Aamiin!


***

FYI, yang di atas cuma pembuka doang. Memang agak panjang sih. Hehe :)))

***

Kalo ditanya lebih suka menonton atau membaca, gue bakal jawab dua-duanya. Kenapa? karena lewat jalan tersebut, banyak hal-hal yang gampang diingat.

Menonton dan membaca itu hampir sama. Tetapi, cara penyampaiannya aja yang beda. Kalo menonton, lebih ke kejadian langsungnya, sedangkan membaca, seperti bercerita kembali tentang suatu peristiwa.

Menonton dan membaca itu sama-sama asik. Yap, bisa dapat pengetahuan baru. Beberapa orang lebih suka menonton ketimbang membaca, begitupun sebaliknya. Nggak salah kok. Setiap orang kan seleranya beda-beda, ya?

Menonton identik dengan sebuah tayangan, sedangkan membaca, buku. Keduanya sangat menarik. Asalkan sesuai dengan genre yang kita suka. Tetapi nggak ada salahnya untuk mencoba-coba genre yang lain. Siapa tau nanti jadi tertarik.

Ngomongin genre, gue lebih suka ke genre yang bersifat komedi. Selain bisa menghibur, juga selalu ada lawakan-lawakan baru. Itu menurut gue nambah pengetahuan banget. Terlebih, gue yang punya cita-cita sebagai penulis.

Nulis komedi itu agak sulit. Perlu punya otak yang konyol, yang bisa ngebuat pembaca heran kenapa kita bisa nulis itu. Yang terpenting sih nggak bikin pembaca bosan dengan lawakan-lawakan kita gara-gara diulang-ulang kata-katanya. Begitupun film.

***

Well, itulah ke-sok-tau-an gue. Kalau ada yang salah, mohon dimaklumi. Gue masih pemula. Btw, kalian lebih suka menonton atau membaca? Hayuk tulis di kotak komentar. :D

8 komentar:

  1. Saya suka dua-duanya, cuma terkadang tergantung keadaan diri juga. Jika seperti sekarang ini yang sedang lelah, biasanya saya lebih banyak menonton.. :)

    Sala..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gue juga gitu. Kadang kalo pas lagi capek malah baca-baca, ngantuk. Hehe

      Hapus
  2. Jangan salahin alam. Semuanya emang hasil dari kekampretan manusia.
    Curah hujan ningkat? Ya, salah manusia juga yg bikin iklim berubah.

    Namun tetap doa dan bantuan harus terus dikasih buat para korban bencana tadi.

    BalasHapus
  3. jika manusia tidak bisa belajar dari kesalahannya maka TUHAN menurunkan manusia agar bisa belajar dan menyadari kesalahannya.. salam..

    BalasHapus
  4. Saya lebih suka Nonton Film Horor gan. Karena menantang Adrenalin.

    BalasHapus
  5. sama broo, gue juga suka dengan komedi. Karena ke konyolan-kekonyolan yang dilakukan, haha :)))

    BalasHapus
  6. Yep, gue juga suka baca. Terlebih baca novel komedi sama romance. Kalo nonton sih, sukanya nonton film sejenis kaya Harry Potter / Narnia. :))) (@gaktaunih)

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)