Jumat, 01 November 2013

Hal Absurd Gue Tentang Berenang

Kampret!

Lo pasti tau, dong, yang namanya berenang. Yap, mencoba memberanikan diri untuk berada di dalam air dengan napas dan keseimbangan yang stabil. Oke, BERENANG. Berenang itu.. yang buat ngejahit.

Okesip. Garing.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti nggak luput sama yang namanya air. Entah itu mentah atau mateng. Pokoknya, kita butuh banget. Air emang segalanya. Bisa buat mandi, buat minum, juga bisa buat nyiram muka mantan.

Berenang juga make air, bro! bukan make pasir. Apalagi make semur telor. Ngomongin semur telor, gue doyan. Enak. Apalagi make nasi uduk, sambelnya dipinggirin. Beeh~

Jujur, gue orangnya nggak terlalu suka berenang. Entah karena gue keren atau apalah. Yang jelas, gue bakal bahas disini.

Berenang adalah Ngobak yang sudah di jaman modern

“Fan, bisa berenang ga?”

Enggak. Gue juga nggak tau kenapa gue nggak berenang. Padahal berenang itu keliatannya gampang. Iya. Keliatannya doang. Ngelakuinnya? Bisa lo coba sendiri. Jangan salah men, gini-gini, gue pernah ngerasain berenang. Gue sering belaga sok bisa berenang. Sebenernya, mah, tangan gue, cuma gue taro di lantai kolom berenangnya, dan, kaki gue, gue keplek-keplekin. Ah, Irfan keren banget :*

“Fan, kenapa lo nggak suka berenang?”

Bisa lo lihat di atas. Alasan lain adalah air di kolom renangnya kotor. Nggak jernih. Banyak orang yang ngeludah dan kencing di kolom berenangnya. Iya sik gratis, tapi nggak disitu juga keles. Sumpah, gue jijik. Apalagi kalo airnya sampe ketelen ke mulut. Eh tapi, gue juga pernah ding. Hihi. Jangan bilang mamah, ya.

“Tempat yang barusan lo maksud, dimana sik, Fan?”

Di kolom berenang umum. Wajar juga sik ya. Namanya juga umum. Siapa aja boleh ngegunain. Mantan aja boleh. Sekarang banyak banget, kan, kolom berenang umum kek gitu? Hampir di setiap daerah, ada.

“Gaya apa aja Fan yang sering lo lakuin ketika berenang?”

Ini pertanyaan bagus banget. Gaya cicak. Tau gaya cicak itu kek apa? Gaya cicak adalah berdiri dipinggir kolom dengan tangan pegangan besi, dan nyelupin kepala sedikit-sedikit biar basah rambutnya, dan dikira bisa berenang.

“Irfan, kamu pinter!”

“Fan, celana lo pernah melorot nggak ketika berenang?”

Pernah. Nggak sik ya nggak malu. Wong waktu itu, kalo nggak salah, gue masih kelas 4 atau 5 sd. Itupun dari sekolah. Katanya sih ngambil nilai olahraga. Lagi pula, gue waktu itu masih kecil. ‘emangnya sekarang lo udah gede, fan?’

“Apa yang bakal lo lakuin ketika lo ngeliat ada mantan lo berdiri dipinggir kolom berenang, Fan?”

Jelas dong gue tanya baik-baik dulu. Abis itu, gue dorong deh. Alangkah baiknya gue bisa ngebantuin mantan gue yang dari tadi cuma bisa berdiri dipinggir, sekarang, udah bisa nyebur. Yeah! Dapet pahala.

“Fan, kalo ada orang yang tenggelam di kolom berenang, lo bantuin ga?”

Tergantung. Kalo ditempat yang cetek, gue bantuin. Gue angkat. Terus gue tekan perutnya, dan keluar ikan dari idungnya. Kalo ditempat yang dalem, jangan harap bakal gue bantuin. Yang ada, gue juga ikutan tenggelam bareng orang itu.

“Kira-kira, udah pernah kelelep berapa kali, Fan?”

Engg.. emp.. dua kali doang kok. Pertama, pas waktu kelas 2 atau 3 sd, pas mandi, gue iseng-iseng berendem di kolom, eh kelelep. Gue teriak. Histeris. Layaknya melihat mantan ketabrak kereta. Kedua, kolom renang di daerah Sukabumi. Jadi tuh gini, gue waktu itu lagi ke rumah sodara gue. Sekalian weekend lah. Pas pulang, kami mampir dulu ke tempat renang gitu deh. Entah namanya apa, gue lupa. Pokoknya, gue disana, berenang. Gue disana tenggelam, gara-gara make gaya cicak. Nggak tau kenapa, tiba-tiba, tangan gue seketika lemas, dan badan udah kek tergenang di air gitu.

Sampe sekarang pun, gue jarang berenang (lagi). Kapok? Syudududu~


Well, begitulah percakapan gue sama diri gue sendiri. Memang, ya, enakan ngomong sama diri sendiri. Walaupun dikatain orang gila, ya, bodo amat. Hehe :))

12 komentar:

  1. Sama euy ga bisa berenang. Untung rumah ga pernah banjir dan jauh sama laut, jadi ga terlalu butuh.

    BalasHapus
  2. Yap, sama. Rumah gue juga jauh sama laut, kali, dll. Ya alhamdulillah sik nggak pernah banjir

    BalasHapus
  3. ahhah.. gua dulu gak bisa berenang sekarang lupa ahahha... gua ahli banget dalam urusan ikan itu ampek tenggelam bolak balik....

    ini kunjungn saya... semoga berkenan berkunjung balik expresiuci.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Bahaha tenggelam bolak-balik? udah kek apaan tauk. Btw, siap

    BalasHapus
  5. Hahaha, berenang gaya mengapung gue jago kak, udah kayak ikan mati gitu lah.
    Salam kancut :))

    BalasHapus
  6. gaya cicak, orang biasa pada umumnya :D

    BalasHapus
  7. Huanjir ngapung di aer. Itu badan apa balon bisa kek gitu? eeet-,- tapi keren juga sik. Gue belum pernah nyoba. Takut kelelep.

    BalasHapus
  8. Keren, kan, gue, bro? bisa nyiptain gaya baru dalam hal renang. Haha

    BalasHapus
  9. hmm, ini mungkin yang sering disebut raditya dika dengan istilah "don't try to be funny", dan elo berhasil.
    walau nggak ada kata'hahaha' di postingan elo, elo berhasil bikin gue senyum-senyum, gan. hahaha.

    BalasHapus
  10. Same here, gak bisa berenang juga ;_;

    BalasHapus
    Balasan
    1. #BudayakanUntukTidakBisaBerenang. Yoi.

      Hapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)