Jumat, 20 Juni 2014

Bikin Blog Yuk!



Gue gak mau ngejelasin apa itu blog, tapi kalo belum tau kamu bisa googling. eh gak harus googling sih, sekarang kamu juga lagi di blog. Sebelum mengenal blog, gue suka banget browsing. baca ini-itu di internet. tapi cuma sekedar baca, gak penasaran tempat apa yang lagi gue tongkrongin. Nah, seratus persen gue yakin kalian juga mengalami hal yang sama.

Bagi sebagian orang, ngeblog adalah rutinitas penting yang harus dijalanin di samping sholat, belajar dan bekerja. Dalam dunia blogging, kita gak harus bisa desain web sebagus atau se-SEO mungkin, tapi yang terpenting adalah konsisten dan gak copy-paste artikel orang lain. Ahzeg.

Pertanyaan pertama: Buat apa bikin blog?

Tergantung. Setiap orang berbeda-beda kebutuhannya. Ada yang sekedar iseng, ikut-ikutan, atau karena dapet tugas dari guru. Sebenernya bukan itu, tapi blog dibikin atas dasar niat & keinginan sendiri. Waktu awal bikin blog, gue juga gak tau apa tujuannya. Sampai akhirnya gue ngerti sendiri, gue bikin blog bukan buat ajang supaya dibilang gaul atau apalah, tapi emang bener-bener kemauan sendiri. dan sepertinya passion gue di situ.

Blog gak harus-harus amat kamu punya, tapi sebaiknya 'punya'. demi peri kemanusiaan dan peri-peri di film kartun.

Pertanyaan kedua: Gimana cara bikin blog?

Semua ada di google, cuma kitanya aja yang males nyari. Bagi gue, bikin blog sangatlah mudah. tinggal klik, ketik, klik, ketik, selesai. Bayar atau gratis? gratis dong.

Pertanyaan ketiga: Apa manfaat punya blog?

Banyak banget sebenernya, tapi inilah 5 manfaat yang udah gue rasain selama terjun ke dunia blogging :

1) bisa mengekspresikan diri lewat tulisan 
2) berbagi ilmu, baik bermanfaat ataupun enggak
3) nambah banyak temen
4) wawasan semakin luas
5) terlihat keren di mata orang lain
6) dapet gelar 'blogger'.


Ketiga pertanyaan itulah yang sering gue temuin di sosial media atau kehidupan nyata. Udah cukup lama gue pengen ngejawab, tapi baru kesampean sekarang, hehe. Btw, bikin blog yuk! Karena berbagi itu indah, kawan.

Buat kamu yang udah punya blog, keep blogging! btw, kalo kamu mau tukeran link sama gue, bisa klik ini, ya.

19 komentar:

  1. Bagi gue bikin blog bagus buat nyalurin karya tulis.. lebih-lebih jadi pelatihan menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang repot kalau gak ada modem nih..

      Hapus
    2. lebih repot lagi kalo modemnya gak ada paketan internet.

      Hapus
  2. Oke yang belum punya blog segerelah bikin blog, yang udah punya blog mari terusin ngeblog nya :D *uye*

    BalasHapus
  3. bagi aku blog itu bagian dari kegiatan ngisi waktu luang dan share pengalaman kita ke orang. hal yang aku suka dari blog adalah blogwalking hihi. seru aja liat2 blog orang yang rata2 desain dan isi nya keren dan bikin ngakak.

    BalasHapus
  4. Berarti gue udah punya gelar blogger dong nih? meski updatenya bolong-bolong :P Ayo bikin blog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya dong. Keep blogging, bro :)

      Hapus
  5. yang belum punya blog harus baca postingan ini nih :D

    BalasHapus
  6. Saran bikin blognya bagus. Pengen nulis nih tapi belum ada ide. Ada saran ?

    BalasHapus
  7. blogging itu penting, gue setuju sama TS (macam di kaskus aja nih) lewat blogging kita bisa mengekspresikan diri lewat tulisan, secara blogging juga bisa digunakan untuk narsis tapi orang lain ngga tahu kalo kita lagi narsis, mereka tau nya kita lagi blogging :p

    BalasHapus
  8. saya juga punya blog. haha.

    BalasHapus
  9. Bikin blog biar gak nganggur. Haha. Gue pribadi sih ya buat share apa yang pingin gue share. Baik itu gak penting maupun gak penting. Baik itu bermanfaat ataupun nggak. Blog gue, tulisan gue, siapa peduli. Wakak.

    BalasHapus
  10. Artikel iini wajib gue share nih ke temen-temen gue yang gue udah rayu buat terjun ke dunia blogging, tapi masih aja ntar-ntar. Haha.

    Yuk, bikin blog!

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)