Rabu, 11 Maret 2015

Memasuki Dunia Baru


Zaman sekarang nggak perlu bingung nyari hiburan kalo lagi emosi. Cukup buka media sosial, banyak tweet, meme, ataupun video yang bertebaran yang bisa mengocok perut dan membuat hati menjadi lega.. tapi abis itu nyesek lagi. Nggak kayak zaman dulu, harus ke lapangan seberang benua buat ngeliat topeng monyet. Belum lagi kalo monyetnya ngambek nggak mau show, ya mau-nggak-mau harus nunggu.

Masuk ke topik utama, gue bakal ngomongin dunia yang baru-baru ini gue masukin.

Anak bayi baru lahir juga tau kurang lebih satu atau dua tahun belakangan ini lagi booming-boomingnya video lucu di Instagram. Dengan durasi maksimal 15 detik yang bikin orang ketawa ngakak nggak karuan. Mengandalkan ide kreatif, juga tentunya kamera, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mereka yang mau membuat sebuah karya.

Selama ini gue hanya menikmati karya-karya keren mereka, nggak pernah kepikiran untuk membuat. Sampe pada suatu saat temen gue ngajakin buat bikin video Instagram. Udah nyusun konsep sedemikian rupa, nggak pernah sempat buat syuting. Sampe sekarang. Dan ide pun hilang begitu saja. Sayang banget.. sama Raisa.

Yaudah lah.. gue memberanikan untuk mulai sendirian. Berhubung gue orangnya cukup ganteng-ganteng seringgalau kalo di depan kamera, gue menjalani syuting video pertama dengan percaya diri. Bukan video lucu sih, tapi nyanyi yang suaranya gue bikin kayak chipmunk gitu. Dapet respon like dari temen-temen dan akun luar karna gue pake hestek, gue jadi semangat untuk bikin video selanjutnya.

Malam itu juga gue bikin video kedua. Setelah selesai proses pengeditan, gue publish. Yap, dapet like dari akun yang sama yang ngelike video gue sebelumnya. Bodo amat, yang penting karya gue dihargai.

Besoknya, gue berniat untuk syuting video ketiga. Ide dari video ini tercetus ketika gue lagi asik bertapa di antara gulungan ombak yang menutupi tepi pantai. Gitu deh.. pokoknya muncul secara tiba-tiba. Berbekal kamera pocket yang kalo ngecharge harus menggunakan chargeran kodok, gue minta bantuan sama Adik buat ngambilin gambar. Nggak peduli muka lagi jerawatan, yang penting ide gue terealisasikan.

Video ketiga berhasil gue publish dengan suksesnya.

Nah, dua hari kemudian gue inget sama ide yang pernah dikatakan temen gue. Karna takut lupa, tanpa fikir panjang gue langsung mandi, terus syuting. Dengan lighting seadanya gue bisa memanfaatkannya dengan baik. Wajah gue jadi terlihat lumayan agak sedikit putih. Kali ini tanpa bantuan Adik, karna kamera gue taro di atas meja. Sempat break sebentar karna Pevita Pearce minta beliin siomay.

Lanjut ngambil take terakhir.. akhirnya selesai juga. Di proses pengeditan, sempat mengalami beberapa kali close program yang diakibatkan oleh laptop yang nggak kuat nampung beban software tersebut. Terpaksa harus ngedit ulang, dan ternyata ketika proses rendering…. ada file yang error. Yeah, aku rapopo.

“Jangan nyerah ya, Fan. Semangat!", bisik Raisa.

Dengan kesabaran yang tinggi, gue kembali ngedit dan ngerender. Hasilnya kali ini berhasil. Seperti biasa gue publish di Instagram dan gue sebarkan ke media sosial yang gue punya. Kini yang ngelike orang-orang Indonesia, gue nggak kenal. Mungkin mereka tau dari hestek.

Oiya, nggak semua video yang gue buat itu bisa ngebuat orang yang nonton ketawa. Jiwa humor tiap orang ‘kan beda-beda. Untuk ke depannya, masih belum tau gue bakal bikin video secara rutin atau ketika lagi mood aja. Yaa.. pokoknya pantengin Instagram gue aja di SINI. Jangan lupa difollow ya! Tenang aja, gue nggak jualan mantan kok.

Kalo dibilang ketinggalan, gue udah cukup jauh tertinggal. Tetapi bukankah berkarya itu bisa dibuat dan dimulai kapan & di mana aja? Maksudnya sejauh apapun ketertinggalan kita terhadap sesuatu, tidak menjamin bahwa karya kita buruk. Justru malah lebih baik karna banyak belajar dari karya orang lain.

Yup.. Itu aja yang bisa gue share. Selamat berkarya~ Cheers!

15 komentar:

  1. Lha.. Aku belom punya IG. Berarti aku ngga kekinian yah. Hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin, abis itu follow gue ya:p

      Hapus
    2. Bahahah.. Oke.. Asal difolbek yak! :P *ngga mau kalah*

      Hapus
  2. Keren bang!!! semangat kreatif itu memang bisa bikin nular termasuk dalam hal bikin video lucu..... semoga semangatnya juga nular ke temen-temen yang lain, hehe!

    BalasHapus
  3. Wow, udah mulai bikin video di instagram juga ya! Kelen!! Lanjutkan! Yg banyak!! HIHIHI

    BalasHapus
  4. Nyesek tuh ya, lagi proses render, eh ada yang error. HAHAHA

    Selamat berkarya dengan dunia baru sob~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih nyesek ditolak Raisa sih.. hiks:(

      Yoi!

      Hapus
  5. Duh, pantang menyerah banget ya Mas Irfan ini. Sampe softwarenya forceclose, terus pas ngerender ada yang error. Kalo gue itu udah gedeg banget sebenernya. Keren keren. Nanti gue nyusul yaaaa :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muehehe.. Thanks ya. Ditunggu! :)

      Hapus
  6. Udah rendering dan error? Beh, sesuatuuuu. Yang sabar ya, Mas :D

    BalasHapus
  7. Waaah sama Fan gue juga lagi iseng-iseng bikin beginian. Ya kalo mau di repost kita emang sebisa mungkin puter otak nyari yang out of the box. Beda aja gitu. Kalo emang mereka suka sama komedinya pasti di repost kok. :3

    BalasHapus
  8. Wah aku gak punya IG, gimana dong?

    Kayaknya seru nih, tapi aku gak bisa edit video. Ya udah deh sukses ya sama hobi barunya

    BalasHapus
  9. wah hebat bisa dibisikin raisa *salahfokus* haha...

    BalasHapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)