Sabtu, 23 Februari 2019

Keresahan yang Gue Rasakan di Instagram


Dengan hormat,
Saya pemilik blog ini memohon maaf  karena udah lama tidak update postingan. Dikarenakan terlalu sibuk mencari alasan untuk tidak menulis, sampai akhirnya untuk kembali menyusun kalimat udah mulai kaku dan bingung harus bagaimana memulainya. Jadi, jangan pusing kalo tulisan gue berantakan. Sepakat? Lanjut!

Baiklah, mari kita mulai.

Gue melihat perkembangan media sosial sangat meroket, terutama jumlah penggunanya. Semua kalangan berlomba-lomba punya akun medsos biar nggak ketinggalan zaman, bisa curhat dengan bebas, pamer abis beli barang baru, sampe upload video makan sabun. Facebook, Twitter, Instagram, Bigo Live, dan lain sebagainya menjadi aplikasi yang wajib ada di smartphone.

Berhubung yang paling rame sekarang adalah Instagram, jadi gue akan meluapkan keresahan ketika berselancar di dalamnya. Gue mulai main Instagram tahun 2013, suasananya saat itu berasa kayak lagi di Indomaret; ADEM. Nggak pernah gue lihat komentar yang sebenernya mau memojokan orang lain, tapi diperhalus dengan kalimat pembuka “maaf sekadar mengingatkan” padahal bangsat. Eh tahun-tahun berikutnya malah jadi begini. Panas.

Btw, gue nggak menyalahkan siapapun yang menasehati kalo emang niatnya baik. Bisa lewat DM atau email, bukan di ruang publik. Menyampaikannya pun harus sopan. Apalagi kalo nggak kenal. Yang sering gue temukan justru kalimatnya seenak jidat. Ya gimana mau diterima?

Mayoritas mereka adalah pemilik akun 0 post, 0 following, 0 followers dan diprivate. Tujuan bikin akun bodong cuma untuk mengikuti nafsu jempolnya yang jahat itu. Ada juga yang profile picture, bio, dan feednya religius, tapi ikut menyebarkan kebencian, provokasi, sampe ikut campur kehidupan pribadi orang lain. Terutama di akun artis, influencer, dan orang terkenal lainnya. Masuk ke comment section, lalu komentar body shaming dan gosip miring. Kenapa ya mereka seposesif itu sama orang yang belum tau aslinya gimana, tapi seakan-akan selalu berada di sampingnya. Dasar rengginang!

Aaa... kuah pop mie!

Aaa... sol patu!

Hati terlanjur benci. Sekalipun hal baik dan bermanfaat yang dilakukan, pasti dicari-cari kesalahannya. Rasa kemanusiaan dikesampingkan, nggak peduli sakit hati atau nggak, yang terpenting puas menyampaikan kekesalan.

Orang-orang kayak gini biasanya cuma berani di jagat maya. Kalo ketemu langsung paling minta foto. Ada juga yang tiba-tiba kesurupan batu. Diem doang.

Bukan cuma itu, beberapa kali gue menemukan tipe yang suka ribut dan debat biar kelihatan pinter. Mengutarakan pendapat yang menurutnya bener, lalu ada yang bantah, eh dibantah lagi dan begitu seterusnya. Endingnya nggak ada point yang bisa diambil karena emang bukan diskusi, tapi perang ego dan emosi. Bahkan ada sebuah debat nyebut lawannya dengan nama hewan.

"Lo pikir aja, emang rindu bisa diatur-atur?"

"Gausah ngegas nyuruh gua mikir segala, njing!"

"Emang lu tau rindu, nyet?"

"Bukan urusan lu gua tau atau nggak!"

Begitu contohnya.

Tapi masih banyak juga debat sehat yang bisa kamu temukan. Terserah kamu lebih tertarik yang mana.

Makin kesini Instagram seakan menjadi sebuah platform untuk ajang saling menjatuhkan yang nggak sefrekuensi, bukan sebagai tempat untuk memberi informasi atau menunjukan karya. Bahkan ada yang memberanikan diri memposting karyanya, malah dinyinyirin. Apa sih susahnya mengapresiasi, wahai sapu lidi?

Kalo dirasa nggak sesuai ekspektasi, nggak perlu caci maki.

Anyway, gue pernah mengalami fase di mana mau posting karya harus mikir lumayan lama.

“Bagus ga ya?”

“Ada yang suka ga ya?”

“Kalo tidur ga merem bisa ga ya?”

Ketakutan itu muncul ketika melihat karya orang lain lebih aduhay, apalagi temen sendiri. Iri dengan skillnya. Bukan karena takut kalah saing, tapi yang membuat gue merasa terbebani adalah komentar-komentar yang akan muncul setelah diupload.

Seiring berjalannya waktu, gue mulai sadar. Semakin gue ikuti ketakutan itu, semakin bikin gue males untuk terus belajar. Sampe akhirnya gue bersikap bodo amat. Suka, boleh apresiasi. Nggak suka, bukan urusan gue. Karena kalo selalu mendengarkan celotehan netizen di negara berbakingsoda, hidup akan terasa sangat berat.

Intinya, saling menghargai dan hindari perdebatan sampah. Udah lah.. lebih baik ngestalk mantan. Tapi hati-hati kepencet like, apalagi di foto berdua sama pacar barunya. Wkwkwk bye!

2 komentar:

  1. Netijen negara berflower emg kejam2 yak. Wakaka.

    Gue jg merasakan keserahan mengenai ige ini sih. Kyak ngerasa... gimna ya? Bosen aja gtu. Jenuh, isinya itu mulu. Yagitu deh, au knapa. Haha. Kalo soal mau aplod karya di ig n tkut dikomen, gapede, minder sama tmen yg karyanya lebih bagus dan trs ngebandingin dgn karya kita yg hanya remahan rengginang.. gue sih solusinya bikin akun fake. Bisa sebebas2nya berekspresi tnpa tkut pndapat org gmn, biarpun emg ga ada org yg dikenal di akun itu. Wahaha. tp itu akun fake digunain buat positif2 loh.. buat follow konten yg disukai, bukan buat hujat krya orang :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, setuju kalo akun fake digunakan untuk hal positif. Tapi kayaknya jarang ya. Hehe


      Btw, thanks udah baca tulisan gue. Lain kali mampir lagi ya! :)

      Hapus

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)