Rabu, 16 Maret 2022

Belajar Membangun Usaha Sendiri


Halo teman-teman, akhirnya gue nulis lagi. Semoga kalian dalam keadaan sehat dan waras ya, karena di situasi seperti ini kita hanya butuh pikiran yang tenang dan uang 100 milyar. Pokoknya jangan sampai sakit, nanti yang nyakitin gue siapa? Apa sih prik.

Jadi pada bulan Agustus 2021 gue resign dari kantor karena satu dan lain hal setelah gue bekerja kurang lebih hampir 4 tahun sebagai Staff Admin dengan menjalani  rutinitas yang sama setiap hari. Bangun tidur, mandi, terus berangkat, sore pulang. Gitu terus sampai gak sadar kalo Rhoma Irama pernah nyanyi Manusia Bodoh nya Ada Band. Kalo gak percaya buka deh di Youtube. Ada!

Karena gak ada pendapatan, akhirnya gue memutuskan untuk bikin usaha sendiri. Saat itu gue mulai dengan modal sisa gaji terakhir, buat brand clothing dengan tema K-Drama yang dibantu sama perempuan cantik yaitu pacar gue. Survey bahan, desain, sablon, sampai marketing kita lakukan. Awalnya sangat semangat, tapi karena mungkin baru terjun di dunia tersebut, kita gak berhasil. Baju udah terlanjur jadi, gak ada yang beli. Yaudah bingung harus gimana.

Gue stop dulu untuk usaha tersebut, berpikir apa ada yang salah. Setelah bertapa di Goa, gue menemukan jawabannya. Kira-kira begini :

1. Dengan modal kecil, biaya produksi jadi mahal. Ibaratnya lo beli kaos 2 lusin dapet potongan harga goceng, tapi kalo beli 1 lusin cuma seribu. Jadi karena hal tersebut, gue harus menjual dengan harga tinggi sesuai margin yang gue mau. Akibatnya, sepi pembeli.

2. Konsep yang gue bikin pasarnya kurang luas. K-Drama, orang hanya suka nonton Drama aja, gak sampe pengin punya kaos yang gambarnya muka Ji Chang Wook.

3. Emang belum rezeki. Mau sekeras apapun usahanya, semua balik lagi ke yang mengatur segalanya.

Usaha pertama gagal, gue sempet kerja di Warehouse Lazada sebagai Sorter. Berangkat jam 3 subuh, pulang jam 12 siang. Capek, tapi seneng karena punya uang buat modal bikin usaha lagi. Iya, gue pengin banget jadi bos. Gue resign lagi dari sana, terus coba mulai yang baru.

Dengan skill yang gue punya yaitu Desain Grafis, yang pasti bukan Desain Gratis ya ges ya. Gue melakukan riset, menentukan konsep, dan jadilah sebuah usaha yang menurut gue akan bertahan lama dan pasarnya luas. 

Sambil menyelam minum air, gue coba bangun usaha tersebut sekalian belajar banyak hal. Mulai dari tehnik marketing, cara optimasi akun Instagram, cara mencari followers organik, menentukan target yang tepat untuk iklan, mencintaimu dalam diam, dan sebagainya.

Gue sangat menikmati prosesnya. Sering begadang sampai pagi karena ide biasanya muncul pas tengah malem, alhamdulillah kali ini usaha gue bisa dibilang berjalan sesuai harapan dan bertahan sampai sekarang. Setidaknya, gue bisa bikin diri sendiri happy dan orang-orang sekitar ikut merasakan dampaknya.

Semoga gue bisa terus konsisten dan berkembang, semoga ide tidak pernah habis, dan semoga ini adalah jalan terbaik yang dikasih Allah untuk gue mencari pundi-pundi Poundsterling. Ketik Aamiin di kolom komentar.

Yaudah gitu aja. Mwah!

1 komentar:

Terima kasih udah baca tulisan gue. Silakan komentar yang sesuai dengan isi postingan yang tadi kamu udah baca. Jangan ninggalin link, tenang aja pasti bakal dapet feedback dari gue kok. Happy Blogging!

- Irfan Alharits (@irfanalharits)