Kamis, 31 Desember 2015

Welcome, 2016!

tahun baru 2016

2015.

Hm..

Gue merasa selama setahun nggak melakukan perubahan apa-apa. Mulai dari penampilan, cara berpikir dan bersikap. Nggak berkembang, nggak ada karya yang memuaskan, nggak membanggakan orang yang gue sayang. Ya gini-gini aja. Flat.

Setahun itu pula gue dapet banyak pelajaran hidup. Kejadian atau hal-hal yang bikin gue susah lupa karena emang bener-bener menyakitkan dan lumayan menguras waktu dan tenaga, apalagi pikiran. Tapi di sisi lain gue juga merasakan nikmatnya sebuah kebahagiaan dari orang-orang sekitar yang selalu mendukung gue melakukan apapun. Kecuali maling ayam.

Segitu aja keluhannya. Mau coba gue lapor ke Customer Service, kira-kira direspon dan dikasih solusi nggak ya? Atau malah dibales, "Maaf, kami tidak menerima curhat. Menerima makanan, iya. Silakan kirim ke alamat kami."

Lo customer service apa Irfan Alharits? Bawaannya laper mulu. #IniApaanSih

Skip.

Di penghujung tahun ini gue mengucapkan terima kasih buat kalian yang udah mau meluangkan waktu dan kuotanya buat sekedar mampir ke blog gue. Terlebih mau membaca dan ikutan mengisi kolom komentar. Kalian adalah penyemangat gue buat tetep nulis dan update blog. Tanpa kalian blog ini ibarat rumah yang banyak isinya, tapi nggak ada penghuninya.

Ngomongin resolusi, gue sih nggak muluk-muluk. Cinta gue diterima Raisa aja juga udah cukup. Bercanda bercanda.

Di 2016, semoga segalanya lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Cita-cita bisa diwujudkan dengan lancar jaya, blog makin rame, tulisan makin cihuy, dan yang paling penting, KEEP BLOGGING!

Welcome 2016, please be mine.

Eh.

Please be nice.

HAPPY NEW YEAR!!!

Sabtu, 26 Desember 2015

Ceritanya Review Film Single


Nggak berasa udah sebulan gue nggak update tulisan di blog ini. Nggak berasa email gue kosong nggak ada job review atau semacamnya. Nggak berasa udah berada di penghujung tahun 2015. Nggak berasa dikit lagi tahun 2016. Nggak berasa abis tahun 2016 pasti 2017. Nggak berasa lo baca paragraf pembuka yang isinya nggak penting.

Jadi beberapa hari yang lalu gue baru aja nonton film yang lagi hitz. Yup, Single karya Raditya Dika. Gue nonton bareng Fadlah di salah satu mall di Jakarta. Sebelum berangkat gue liat review orang-orang yang udah duluan menyaksikannya. Kesimpulan yang gue dapet sih katanya filmnya keren, tapi gue sempet baca juga ada yang nonton bareng sama pacar, eh setelah selesai mereka putus. Gue makin bingung. Takutnya nanti doi minta putus juga.

Siang itu antrian di bioskop nggak panjang, jadinya gue bisa dapet tiket dengan cepat, tanpa perantara, syarat mudah, jaminan hanya BPKB motor atau mobil. Kok gue jadi kayak poster iklan yang suka ditempelin di pohon ya?

Sebenernya gue nggak jago bikin review, tapi anggaplah ini kesan gue setelah nonton Single nya Radit. Let's check it out!


SINGLE

review film single

Awal mulai cuma layar gelap terus ada dialog gitu. Soundnya super jernih. Gue rasa recordernya bukan handphone china. Setting pertama di dalem mobil. Ebi (Raditya Dika), Wawan (Pandji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita) lagi asik ngobrol. Baru scene ini aja jokes yang dikeluarin sama Victor udah bangke banget.

Btw Ebi adalah sosok jomblo yang udah lumayan lama. Problemnya, dia tipe orang yang susah buat bisa komunikasi lancar sama cewek. Kurang percaya diri. Akhirnya dia cuma bisa bertingkah dengan gayanya yang lucu.

Sepanjang film diputer, yang gue perhatikan adalah cara pengambilan gambar. Beda banget sama film-film Radit yang sebelumnya. Angle yang dipilih selalu keren, jadi makin berasa feelnya.

Ada beberapa scene yang bikin gue geleng-geleng kepala sembari tepuk tangan terus bilang, "Anjrit, keren parah!". Pertama, adegan pas balapan mobil sama Bang Joe (Chandra Liow) berasa nonton Fast & Furious, terus mobilnya Ebi meledak karena terjun gitu. Kedua, adegan di pesawat saat mau skydiving. Pecah!

Bicara akting, perkembangan Radit di film ini sangat pesat. Peran yang dimainkan terasa menjiwai, especially ekspresinya. Kalo cara ngomong, ya tetep Radit yang sebenernya. Babe dan Pandji, karena emang basicnya komedian, jadi mau ngapain aja juga lucu. Kayak bukan akting. Chandra menurut gue kurang natural, tapi cocok memerankan karakter Bang Joe yang antagonis dan high-class. Annisa Rawles adalah pilihan yang tepat buat memerankan Angel. Karakter yang peduli dengan orang lain, ramah, juga gampang bikin orang jatuh cinta karena parasnya yang cantik.

Overall, Single adalah film tergokil yang pernah dilahirkan oleh Tuyul Produktif. Gue rekomendasikan buat nonton karena bakal banyak pelajaran hidup yang bisa lo dapet. Yang jomblo siapa tau setelah filmnya selesai, lo diajak jadian sama orang yang belum lo kenal sebelumnya. Yang punya pacar, mudah-mudahan pacar lo nggak minta putus. #BanggaFilmIndonesia

Senin, 16 November 2015

Terlalu Cepat

terlalu cepat

Hari itu gue bingung mau melakukan apa di rumah, karena cuma ada barang elektronik yang nemenin gue. Itupun nggak bisa diajak ngobrol. Hape nggak ada pulsa, apalagi kuota internet. Bokap kerja, nyokap lagi ngambil rapot sekaligus mau jalan-jalan dulu sama adek, dan kakak yang juga kerja dan pulang ke rumah cuma seminggu sekali. Mungkin doi tidur di emperan toko. Gue nggak tau.

Kegiatan gue saat itu cuma makan, baca buku, dan tiduran di kasur sembari menatap langit-langit. Ternyata lumayan silau. Gue baru sadar, ternyata kamar gue nggak ada atapnya.

Gue bener-bener merasakan kesepian. Akhirnya gue lebih memilih untuk terpejam karena gue pikir mungkin nanti setelah bangun, nyokap udah pulang. Adek gue ditinggal di angkot. Kenyataan berkata lain. Rumah masih terlihat nggak ada cahaya, padahal udah malem. Tanpa kayang terlebih dahulu gue langsung beranjak dari kasur dan menyalakan seluruh lampu, lalu balik ke kamar lagi.

Arloji terus bekerja sebagaimana mestinya.

Tik tok tik tok..

"Wakwawww~", suara pintu terdengar.

Yoi, cuma pintu rumah gue yang bisa bersuara seperti itu ketika dibuka. Nyokap sama adek pulang, gue langsung nyamperin mereka. Mau ngasih tau kalo abis buka pintu, ditutup lagi. Bercanda bercanda.

Tanpa mikirin negara dulu, gue langsung minta wifi sama adek.

Buka twitter nggak ada mention yang masuk, gue cuma scroll timeline. Lihat tweet yang isinya kondisi lalu lintas di beberapa tempat yang bikin gue mikir, "ngapain gue merhatiin lalu lintas, sementara lalu lintas aja nggak pernah merhatiin gue?"

Lanjut twitteran, eh terbesit sebuah ingatan ketika baca tweet-tweet galau tentang seseorang yang dulu pernah jadi pacar. Sebut saja mantan. Gue search akun mantan gue berdasarkan namanya, sampe nama orang tuanya, tetep nggak ketemu. Mikir sebentar, gue berinisiatif buat liat list following twitter temennya. Eh bener ada, ternyata dia ganti username.

Gue follow, nggak lama kemudian difollback. Eaa~

Eaa~

Eaa~

Kembali ke lap.. top!

Dengan deg-degan gue memberanikan diri untuk mengirim direct message ke dia. Biasa lah, basa-basi orang yang udah lama nggak saling komunikasi. Sampe berujung gue minta kontaknya dia dengan tujuan biar nggak ribet buat chattingan.

Saling bercanda, saling minta pendapat. Pokoknya asumsi gue saat itu adalah sifat dia nggak berubah. Masih tetep sama seperti dulu; asik diajak ngobrol.

Singkat cerita, entah gue sendiri pun nggak ngerti kenapa rasa itu perlahan hadir kembali. Masuk hari ketiga gue chattingan sama dia, saat itu udah larut malem. Gue memberanikan diri buat menyatakan perasaan lewat aplikasi chat.

Dan respon yang gue dapatkan dari dia adalah menganggap kalo gue cuma bercanda. Dan di waktu yang sama itu pula gue merasa laki-laki paling bodoh yang baru komunikasi selama tiga hari udah berani buat mengungkapkan isi hati. Sama mantan lagi.

BUNUH GUE!! BUNUH GUE!! TAPI JANGAN DEH...

Yaudah lah, gue mulai singkirkan jauh-jauh perasaan itu. Lagian wajar juga kalo dia heran karena bisa secepat itu gue kembali jatuh hati. Gue bales chat dia kayak biasa seakan nggak terjadi apa-apa. Begitupun esok harinya. Gue masih tetep bikin hapenya dia bergetar terus.

Tapi gue nggak nyesel. Karena bagi gue, move on bukan tentang lupa sama masa lalu, tapi seberapa berhasil sembuh dari luka yang pernah diberikan mantan dulu. Gue berani mengungkapkan karena gue emang merasa udah pulih kembali. Dan nggak ada salahnya, kan?

Pas sore, tiba-tiba Sambalado nya Ayu Ting-Ting bunyi. Menandakan ada notif di hape gue. Gue buka twitter, kemudian langsung menuju tab mention. DAN... TARAAAA!!!!

Tunggu.
Sabar dulu.
Gue mau nanya, notification sound macem apa yang durasinya sampe satu lagu? Itu nada pemberitahuan atau emang niat mau dangdutan? Tarik mang! Yihaaa~

Oke, lanjut.

ADA SEORANG COWOK NGEMENTION GUE YANG PROTES KARENA MENURUT DIA, GUE NGUSIK CEWEKNYA YANG DISERTAI USERNAME SI MANTAN GUE INI.

Pake huruf kapital semua dan ditambah bold biar kesannya dramatis dan tajam. Setajam silit. Aih..

Gue mencoba buat narik nafas sedalam-dalamnya, tenangin diri pelan-pelan. Gimana nggak kaget, dia nggak pernah bilang kalo udah punya pacar. Yowes lah ya. Gue cukup tau aja.

Eh ada chat masuk dari kontak dia yang dikirim sama cowoknya. Minta supaya gue nggak ganggu ceweknya lagi. Oke, gue terima. Tapi di awal, cowoknya manggil gue dengan sebutan nggak enak: ganteng (sebenernya bukan ini, tapi biar alus aja.) Kesel? Banget.

Padahal kalo pake logika, misalnya gue dianggep ganggu, bisa langsung block. Kelar. Lah ini malah nyari ribut dengan dalih gue ngusik ceweknya. Logika lagi ya, ngapain ceweknya ngeladenin gue? Jangan-jangan... Ah, sudahlah.

"Untung gue belum nembak. Jadi nggak terlalu sakit~" Ucap gue menghibur diri. Di dalem hati. Keren, kan, suara hati gue bisa diketahui kayak sinetron? Bedanya, ini dibaca bukan didenger.

Pas cerita ke kakak gue masalah ini, doi malah bilang, "kayak nggak ada cewek laen aja ngedeketin mantan."

Gue cuma bisa diem sambil ngangguk-ngangguk ganteng. "Iya juga sih," celetuk gue. Tapi gue sempet mikir, "cewek lain mah banyak, cuma yang mau sama gue dikit. Paling ya sekelas Raisa atau Pevita Pearce. Gue mau yang lebih dari mereka." #SombongBerkelas

Dari kejadian tersebut, gue bisa menjadikan sebuah pelajaran tentang cinta yang sulit untuk ditebak, cinta yang datang kapan dan di mana aja, dan cinta yang bisa dipersembahkan untuk siapa aja. Bahkan kepada seseorang yang telah menjadi kepunyaan orang lain.

"Ngomongin cinta jago, pacar kagak punya. Dasar raket nyamuk!" Teriakan yang udah pada taken.

Jago itu kan ayam, kok jadi nyamuk?

Lho, kalian pada kenapa?

Susah ya bikin joke. Sori teman-teman.

Skip.

Sekarang gue jadi ngerti betapa pentingnya buat mencari tau tentang seseorang yang mau kita jadikan pasangan, menghargai perasaan yang kita miliki dengan memendamnya terlebih dahulu sampai waktu yang tepat, lalu ketika gagal menerima dengan lapang dada.

"Semakin mudah jatuh hati, semakin besar resiko sakit hati." - Irfan Alharits (lagi bener)

#NowPlaying HiVi! - Orang Ketiga

Minggu, 08 November 2015

Belajar Bikin Vector


Udah hampir dua tahun gue duduk di bangku sekolah berbasis multimedia. Banyak pelajaran yang gue dapat di sana. Mulai dari manipulasi foto, bikin kartu nama, sampe cara crop foto bareng mantan. Selain itu, animasi juga diajarkan. Tapi minat gue di bidang itu kurang. Alhasil, sampe sekarang masih ada hutang tugas.

Terlepas dari itu, kadang temen-temen gue, bahkan guru juga sering heran sama cita-cita gue yang pengin menjadi penulis yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan yang gue pelajari di sekolah. Mungkin nanti gue bisa nulis buku teknologi yang isinya tips & trik edit foto supaya jadi ganteng atau cantik.

Photoshop, CorelDraw, dan Illustrator udah pernah gue pelajari. Meskipun begitu, nggak semuanya gue kuasain. Tapi bisa lah bikin "new layer".

Nah, belakangan ini gue lagi naksir sama vector. Yup, teknik membuat foto jadi kayak kartun gitu. Berbekal skill yang cetek, gue coba buat bikin.

Dan.. Inilah mahakarya gue untuk adik tercinta :

masih belajar, silakan dipuji
Gue bikin gituan doang seharian. Serius. Padahal hasilnya cemen banget. Eh yang penting sih prosesnya ya. Kata temen gue itu namanya bukan vector, tapi kartun. Ah pokoknya gue maunya itu vector. Ngambek ah. Bodo amat.

Ya ampun.. Gue kena virus baper.

This is the end of the post, gue bakal perdalam lagi teknik vector ini. Pengin belajar WPAP juga, biar bisa bikin wajah orang warna-warni. Yihaaa!

------------------------------------ QUIZ ALERT!!! -----------------------------------

Mau foto kamu jadi kartun gitu? Silakan tulis kesan sekaligus kritik ketika pertama kali mampir ke blog ini di kolom komentar. Jangan lupa cantumin username twitter kamu ya! Batasnya sampe ada postingan baru. Nanti yang beruntung bakal gue kontak lebih lanjut. Ciaobela~

Minggu, 11 Oktober 2015

Yang Terjadi Kalo Pasang Lagu di Blog

yang terjadi kalo pasang lagu di blog

Sebagaimana seorang blogger yang baik, setiap hari gue selalu sempatkan buat blogwalking ke blog siapa aja di dunia maya yang secara sengaja gue kunjungi ataupun yang beredar di timeline. Sekalipun gue nggak kenal orang tersebut, tapi itulah asiknya ngeblog; bisa sok akrab. Malah bisa dapet temen baru. Syukur-syukur dapet gebetan atau pacar. But, yang penting tujuan utamanya adalah berbagi.

Dari sekian banyak blog yang udah pernah gue singgahi, ada yang bikin nyaman, ada pula yang bikin mata gue teriak kesakitan. Mulai dari tampilan dan cara penulisan yang simple tapi elegan, sampe ribet tapi norak. Yang paling menggemaskan adalah blog yang berat. Bukan, bukan berat tulisannya.

Dan, salah satu penyebabnya adalah memasang lagu. Ini yang gue temukan pas lagi travelling ke blog orang lain. Begitu masuk, gue disuguhi oleh tampilan yang dominan warna templatenya dark, lalu disambut dengan lagu Terlalu Lama Sendiri nya Kunto Aji. Seketika gue menunduk, meratapi kejomloan yang nggak kunjung berakhir.

Oke, fokus.

Berdasarkan hasil analisa gue, inilah dampak yang terjadi kalo memasang lagu di blog :

1. Loading Blog Lama

Ini yang paling penting. Sebab blog akan me-load dua kali: konten, lalu lagu. Apalagi jaringan internet di Indonesia masih lumayan lambat. Yang bikin para blogger berpikir ulang untuk memutuskan memasang lagu di blognya atau enggak. For your information, pengunjung nggak akan betah nunggu blog terbuka lebih dari 10 detik.

2. Pengunjung Akan Kabur

Setelah nunggu loading yang cukup lama, otomatis blog muterin lagu yang sesuai dengan "selera" si pemilik, bukan pengunjung. Sekalipun seleranya sama, tapi nggak semua pengunjung nyaman. Bakal mengganggu konsentrasi membaca. Kan nggak lucu misalnya lagi baca artikel serius tentang bagaimana cara cebok yang baik dan benar, eh backsoundnya Mama Papa Larang nya Judika. Endingnya? Pengunjung mengklik "close". Nyesek.

3. Blog Sepi Pengunjung

Karna pengunjung udah pernah mampir ke blog tersebut, dia nggak akan mau kembali lagi. Alasannya satu: ngabisin kuota. Seperti yang gue bilang pada poin pertama, data yang dipakai untuk load blog lebih besar. Akibatnya? Blog sepi. Kolom komentar juga sepi. Apalagi hati. Ya ampun..

Well, dari pengalaman gue pribadi sih sering kaget. Iya, tiba-tiba muncul lagu. Kalo lagu melow nggakpapa, lah ini metal. Bikin jantung mau copot. Kamu gimana, suka atau risih kalo nemuin blog yang dipasangin lagu? Tulis di comment box ya! Chibi chibi chibi.. Ha ha ha.. Istimewa!~

Minggu, 27 September 2015

Faktor Yang Membuat Blogger Jarang Update Postingan


HEY!

Udah lama gue nggak bikin postingan di blog ini, udah lama gue nggak merkosa keyboard, udah lama gue sayang sama orang yang belum kunjung peka sampe sekarang. Oke, curcol itu asik.

Bukannya gue berhenti ngeblog, cuma lagi istirahat aja. Selain itu juga beberapa minggu terakhir ini ada kesibukan yang mau nggak mau menyita waktu, juga tenaga gue. Mulai dari tugas sekolah yang lumayan banyak, ditambah gue ikut bagian dari pembuatan film pendek untuk lomba Acffest 2015. So..., nulis pun jadi sangat jarang. Alhasil blog gue mulai dipenuhi oleh sarang laba-laba.

Tidak bisa dipungkiri, sebagai manusia memang wajar memiliki berbagai macam kesibukan. Begitupun dengan para blogger. Di satu sisi mereka harus mengurus blognya, di sisi lain juga mereka punya kegiatan tersendiri. Tetapi bukan berarti bakal ninggalin blog selama bertahun-tahun. Update minimal sebulan sekali lah. Kayak gue bwahaha.

Nah kali ini gue bakal sharing tentang beberapa faktor yang membuat para pelaku kreatif (re: blogger) jarang update postingan di blognya. Let's check it out!

1. Sibuk sekolah/kuliah/kerja

Sudah kewajiban bagi seluruh manusia untuk menuntut ilmu demi masa depan yang membahagiakan. Memiliki harta yang dapat memenuhi kebutuhan selama hidupnya. Kalau untuk faktor ini, gue nggak bisa mengelak. But, ngeblog harus tetap jalan meski cuma update curhatan nggak penting walaupun sebulan sekali. Sepakat?

2. Sibuk pacaran

Ada yang dulu sering banget ngeblog, blogwalking kemana-mana, eh sekarang udah jarang nongol lantaran sibuk pacaran? Adaaa. Atuhlah kan bisa bikin puisi, posting di blog, kirim linknya ke pacar. So sweet, bukan?

3. Nggak ada ide

Sebenernya sih bukan nggak ada ide, cuma kurang peka aja sama lingkungan sekitar. Hal paling mudah saat nggak punya ide adalah dengan menulis bahwa sedang tidak memiliki ide. Kurang paham? Begini contohnya:

Udah sebulan lamanya gue nggak punya ide buat nulis. Padahal banyak artikel yang gue lahap untuk dijadikan referensi, tetap aja jari sama otak gue susah untuk bersatu. Gue bingung mau nulis apa. Pikiran gue kosong.

Gitu.

4. Kuota habis

Ke warnet aja buat publish tulisan yang udah dibikin di rumah. Kalau nggak punya uang buat main, minjem billing temen. Kalau nggak dikasih, minjem PC operatornya!

Btw dari keempat poin di atas, kamu yang mana? Atau kamu punya alasan lain? Coret-coret di comment box ya! :)